DPPKB Gelar Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya

Bontang – Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya Tingkat Kota Bontang kembali digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang, Senin (29/8/2022).

Kegiatan pelatihan bagi pelayan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja se-Kota Bontang ini akan digelar selama 4 hari. Yakni, dari 29 Agustus hingga 01 September 2022.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas PPKB Bontang dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan Bontang, RSUD, Kementerian Agama Bontang, TP PKK Bontang, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Bontang, BNN Bontang, HIMPSI, Insan Cita, Bota dan Genre Indonesia Kota Bontang.

“Pelatihan ini digelar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pendidik sebaya dalam mengelola PIK Remaja untuk mewujudkan remaja yang berkualitas dan berkarakter. Agar peserta memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memberikan pendidikan dan konseling kepada teman sebayanya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  DPPKB Bontang Dukung Kelurahan Guntung Gelar Peringatan HAN

Ia menyatakan, sebagai penerus, harapan dan cita-cita bangsa, remaja juga memiliki permasalahan yang kompleks. Ada 3 risiko yang kerap dihadapi, yaitu terhadap seksualitas, HIV/AIDS dan Napza.

Tentu saja hal ini membutuhkan pengelolaaan yang terencana, sistematis dan terstruktur. Sehingga diharapkan menjadi modal pembangunan ke depan.

“Dengan adanya pelatihan ini, harapannya keberadaan PIK R/M dapat memberikan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar, dapat memaksimalkan peningkatan akses dan kualitas pelayan PIK R yang ada di sekolah. Sehingga dapat mencegah terjadinya kasus-kasus kenakalan remaja di lingkungan sekolah,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: