DPPKB Bontang Tingkatkan Kemampuan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kampung KB

Bontang – Program Kampung KB (Keluarga Berencana) penting dimiliki di setiap daerah termasuk di Kota Bontang. Keberadaannya di tengah masyarakat bisa mengatasi persoalan kemiskinan.

Kemudian dapat mendekatkan pembangunan kepada masyarakat dan juga bisa menguatkan delapan fungsi utama keluarga.

Kepala DPPKB Bontang Bahauddin mengatakan, terdapat delapan fungsi dari kampung KB. Di antaranya fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan hidup.

“Dalam upaya mengaktualisasikannya, kelompok kerja (Pokja) Kampung KB mengadakan kegiatan positif mulai dari penyuluhan, pelatihan, serta gotong-royong bersih-bersih lingkungan,” kata Bahauddin, Senin (19/9/2022).

Kampung KB juga memiliki berbagai macam program yang berasal dari BKKBN. Namun, adapula program dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan yang dilakukan di Kampung KB.

BACA JUGA:  DPPKB Bontang Dukung Kelurahan Guntung Gelar Peringatan HAN

Misalnya, pemeriksaan kesehatan reproduksi. Sedangkan BKKBN sendiri programnya terkait kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Kami juga bisa bermitra dengan Disdikbud soal meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan. Dari Dinkes biasanya cek kesehatan secara berkala,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: