BACA JUGA:  563 Guru di Kutim Terima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya

Disdikbud Kutim Mulai Upayakan Program Satu PAUD Satu Desa

Kutai Timur – Program satu pendidikan anak usia dini (PAUD) satu desa tengah dipersiapkan di Kabupaten Kutai Timur.

Program yang diadopsi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu bakal digenjot lagi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur melalui bidang PAUD.

Pentingnya satu PAUD satu desa demi membina dan memaksimalkan perkembangan otak pada anak di usia emasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Kutim Larang Kepala OPD Perjalanan Dinas Buntut Serapan Anggaran yang Belum Maksimal

“Langkah awal kita perlu sinkronisasi yang dimaksud satu PAUD satu desa, satu PAUD satu desa itu dimana didirikan PAUD yang bersumber dari anggaran pendapatan desa,” ungkap Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kutim Achmad Junaidi, Kamis (16/11/2023).

Lanjutnya, akan tetapi jika di desa tersebut memiliki PAUD namun ternyata milik yayasan berarti belum dikatakan satu PAUD satu desa.Atau bisa juga PAUD milik yayasan yang mendapatkan hibah dari desa maka dapat dikatakan desa tersebut memiliki PAUD.

BACA JUGA:  Bupati Kutim Optimis Turnamen Sepak Bola MBC Mampu Lahirkan Atlet Muda Berbakat

Tak hanya itu, PAUD di desa-desa juga diminta untuk melengkapi data pokok pendidikan (dapodik) agar termonitoring oleh Pemerintah Pusat. Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud Ristek memiliki anggaran bantuan untuk PAUD melalui bantuan oerasional penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

“Makanya diperlukan sinkronisasi dengan pihak desa juga, sebab di dalam anggaran desa terdapat alokasi untuk pelengkapan saranaa prasarana, nah ini yang sednag kita upayakan,” pungkasnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107