Optimalkan Pemberdayaan Masyarakat, DPPKB Bontang Punya Penyuluh di Tiap Kecamatan

Bontang – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bontang memaksimalkan peran penyuluh di setiap Kecamatan. Di antaranya, Bontang Selatan, Bontang Utara, dan Bontang Barat. Totalnya saat ini Kota Bontang memiliki 4 Penyuluh.

Kepala DPPKB Bontang Bahauddin mengatakan, dengan adanya penyuluh bisa menjadi perpanjangan tangan penyaluran program hingga ke tataran setiap kelurahan.

Diketahui Peran penyuluh KB (Keluarga Berencana) di masyarakat sangatlah penting. Penyuluh KB memiliki tugas yang berfungsi untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengembangkan, melaporkan dan mengevaluasi program kependudukan dan KB, serta program pembangunan lainnya di tingkat desa/kelurahan.

“Peran mereka penting. Misalnya penyuluh KB lah sebagai pengelola pelaksanaan kegiatan program kependudukan dan KB di tiap kelurahan,” tutur Bahauddin, Senin (19/9/2022).

BACA JUGA:  Pencatatan Keluarga 2022, DPPKB Bontang Turunkan 205 Kader dan 11 Supervisi

Selain itu, penyuluh juga bisa menjadi fasilitator informasi agar masyarakat bisa patuh dan terlibat dalam setiap program.

Di mana setiap kecamatan memiliki penyuluh untuk menarik minat dalam mengisi kegiatan positif. Misalnya, pemberdayaan masyarakat, kegiatan memasak bareng, penyuluhan pola hidup sehat, penyuluhan untuk aktivitas ibu hamil dan lainnya.

Selain itu, penyuluh KB bisa menggalang dan mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan program kependudukan dan KB di desa/kelurahan.

“ Kami berharap ada penambahan penyuluh tahun ini,” pungkasnya.

%d blogger menyukai ini: