BACA JUGA:  Sosialisasi Sistem Informasi Berbasis Elektronik, Diskominfo Kutim: Wajib Evaluasi Berkala

DP3A Kutim Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

Kutai Timur – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutai Timur (Kutim) menggelar sosialisasi pengarusutamaan gender serta penyusunan penganggaran responsif gender di Hotel Royal Victoria Sangatta.

Kepala DP3A Kutai Timur, Sulastin mengatakan, agenda yang berlangsung selama empat hari (1-4 Desember 2023) bertujuan untuk mengoptimalkan upaya PUG secara terpadu dan terkoordinasi.

Dia menjelaskan, PUG diamanatkan melalui Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2000, yang mengharuskan semua instansi pemerintah di tingkat Nasional dan daerah, untuk mengarusutamakan gender ke dalam perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi seluruh kebijakan dan program.

BACA JUGA:  Pemkab Kutim Gelar Seleksi Kompetensi PPPK Bagi 1.820 Peserta

“Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional yang mengamanatkan bahwa dalam rangka meningkatkan kedudukan, peran dan kualitas Perempuan ,serta upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, perlu melakukan strategi Pengarusutamaan Gender ke dalam seluruh proses Pembangunan Nasional,” katanya.

Dia juga mengatakan PUG menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan fungsional utama semua instansi dan Lembaga pemerintah di tingkat pusat dan daerah.

“Pelaksanaan Strategi PUG di daerah mengacu kepada Permendagri No. 67 Tahun 2011 sebagai perubahan dari Pemendagri No. 15 Tahun 2011, mengatur sistem kelembagaan PUG di Daerah dan juga mengatur sistem perencanaan dan penganggaran dengan menggunakan instrumen analisis Gender dengan menggunakan dan kualitas Perempuan, serta Upaya mewujudkan gunakan Gender Analysis Pathway (GAP) dan pernyataan Anggaran Gender / Gender Budget Statement (PAG/GBS),” bebernya.

BACA JUGA:  UMK Kutim Naik 4,74 Persen Jadi Rp3.515.325

Sosialisasi PUG ini merupakan salah satu Upaya untuk mengintegrasikan gender kedalam analisis gender, yakni dengan mengidentifikasi secara Sistematis permasalahan laki-laki dan Perempuan yang berbeda sehingga kesetaraan dan keadilan gender terwujud,memiliki hak, wewenang, status peluang yang sama di mata hukum serta menikmati hasil Pembangunan.

Pada kegiatan itu menghadirkan Hero Suprayetno, Sekretaris DPPPA Kab. Kutai Kartanegara dan Tumiar Manurung Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda DPPPA Kab. Kutai Kartanegara sebagai narasumber.

BACA JUGA:  Bupati Kutim Terima Kunjungan MKKS SMP/MTs Kota Samarinda

Peserta Sosialisasi PUG berjumlah 55 orang yang diikuti oleh 15 OPD Kab. Kutai Timur. Hari pertama dihadiri oleh Kepala Dinas, Sekretaris dan bagian Program Hari kedua di ikuti oleh bagian program dan operator. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107