TP PKK Bontang Aktif Tekan Kasus Stunting

Bontang – Upaya pencegahan dan penurunan angka stunting di Kota Bontang terus dilakukan pemerintah bersama semua elemen masyarakat.

Diungkapkan Ketua Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting (P2S), Ketua Pokjanal, sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang Aji Erlynawati, salah satu organisasi yang turut berperan aktif dalam pencegahan stunting adalah Tim Penggerak (TP) PKK.

Menurutnya, ada 3 hal yang harus ditekankan dalam penanganan stunting. Pertama, pentingnya memperhatikan asupan makanan bergizi bagi ibu Hamil, Bayi dan Balita terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kedua, pola asuh. Di mana pola asuh orang tua sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak terutama pertumbuhan dan perkembangan otak. Dan yang ketiga adalah Kesehatan Lingkungan atau lebih kita kenal dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

BACA JUGA:  TP PKK Bontang Cetak Kader Dasawisma Berkualitas

“Asupan makanan bergizi bagi ibu hamil itu sangat perlu diperhatikan. Selain itu, untuk kesehatan lingkungan juga harus lebih diperhatikan lagi. Nantinya peran Tim Penggerak PKK Kota Bontang akan memberikan edukasi atau seminar yang  berkaitan dengan 3 hal yang harus ditekankan tadi,“ ungkapnya saat membuka acara sosialisasi penanggulangan stunting  dan sensitif Tim Percepatan Penanganan Stunting Kota Bontang, Selasa (21/06/2022) di  Ballroom Hotel Bintang Sintuk.

Senada, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang, Hapidah Basri mengatakan, TP PKK bersinergi dalam menjadi pelopor utama atau menjadi kader terdepan bagi masyarakat dalam penanganan Percepatan Penurunan Stunting (P2S) Kota Bontang.

“TP PKK dilibatkan dan sangat berpengaruh dalam kasus stunting yang ada di Kota Bontang ini. Karena nantinya Tim penggerak PKK akan memberikan edukasi ibu rumah tangga, keluarga dan masyarakat secara umum tentang bagaimana mencegah stunting. Untuk dimudahkan proses pemberian edukasi pencegahan ini, nanti dari Dasa Wisma PKK akan mengumpulkan data Kemudian nantinya kegiatan TP PKK diarahkan pada pencegahan stunting anak di Kota Bontang,“ ungkapnya. (Adv)

%d blogger menyukai ini: