BACA JUGA:  Kadisdikbud Kutim Peringatkan Agar Tak Ada Oknum Tarik Pungli saat PPDB

TMMD di Kongbeng Rampung 100 Persen, Rehab Rumah hingga Penampungan Air Bersih

KUTIM – Usai resmi memimpin Upacara Penutupan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 Kodim 0909/Kutai Timur (KTM) di Lapangan Desa Suka Maju Kecamatan Kongbeng, Kamis (10/8/2023), Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo langsung bergerak ke area lokasi hasil TMMD di Desa Suka Maju dan Makmur Jaya.

Dalam kegiatan ini Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo nampak didampingi Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kasmidi Bulang, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, jajaran Forkopincam, Camat, hingga kepala desa terkait.

Dari pantauan, hasil TMMD yang dibangun oleh jajaran anggota TNI Kodim 0909/KTM sebanyak 150 personel sudah terlihat selesai dengan target yang sudah direncanakan. Dalam kesempatan itu Dansatgas TMMD ke-117 yang juga Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika melaporkan jika sasaran TMMD terbagi dalam dua kategori yang pertama adalah sasaran fisik yang berkaitan dengan pembangunan fasilitas umum dan sosial dan sasaran non fisik.

BACA JUGA:  Ribuan Umat Muslim Hadiri Tablig Akbar UAS, Minta Jaga Kedamaian NKRI

“Untuk sasaran fisik hasil TMMD, tim sudah menyelesaikan pembangunan rehab layak huni yaitu dua unit rumah, satu bangunan di Desa Suka Maju dan satu bangunan Makmur Jaya yang awalnya sangat tidak layak untuk dihuni. Kemudian ada penyediaan penampungan air bersih, pembuatan jembatan, gorong-gorong dan jalan pendekat sepanjang 400 meter dengan lebar 4 meter dan juga dan juga ada rehab bangunan mushola Al Hidayah,” tegasnya.

Selanjutnya untuk sasaran non fisik, TMMD sudah memberikan penyuluhan untuk masyarakat di Desa Suka Maju dan Makmur Jaya.

“Kegiatan itu seperti penyuluhan Khamtibmas, bela negara, KPPS, peternakan dan pertanian, narkoba, stunting balita, posyandu, posbindu hingga sosialisasi perekrutan anggota TNI baru,” urainya.

Ia kembali menegaskan jika dasar pemilihan sasaran TMMD ini yaitu kampung tertinggal dan membutuhkan akses jalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Kemudian kondisi jalan yang rusak mempersulit masyarakat untuk menuju ladangnya, membawa, menjual hasil buminya menuju kecamatan dan kabupaten. Ada juga rumah penduduk yang tidak layak huni dan memprihatinkan.

BACA JUGA:  Kupas Strategi Komunikasi Merdeka Belajar, Disdikbud Kutim Gelar FGD

“Nah, hasilnya dari TMMD ini memperlancar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ketersediaan air bersih dan membentuk kampung bersih di Kampung Kelian maka Kodim 0909/KTM bekerja sama dengan Pemkab Kutim melaksanakan kegiatan peningkatan badan jalan, pembuatan jembatan, rehab mushola, rehab rumah layak huni warga dan membuat sumur bor air bersih,” jelasnya.

Untuk itu, penekanan TMMD ini tentunya dapat memupukkembangkan semangat gotong royong dan memelihara terus kemanunggalan TNI dan rakyat. Selanjutnya meningkatkan kepedulian untuk memelihara dan merawat sebaik-baiknya hasil TMMD.

“Jadi sasaran fisik dan non fisik ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat menuju ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri,” terangnya.

BACA JUGA:  Cetak Generasi Emas, Bunda PAUD Desa di Ancalong, Longmes, dan Busang Dikukuhkan

Sementara itu, dari hasil kroscek di lapangan, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo mengapresiasi hasil kerja keras personel Kodim 0909/KTM yang sudah mendikasikan kinerja membangun desa dalam kegiatan TMMD ke-117.

“Terima kasih sudah menyukseskan TMMD di Desa Suka Maju dan Makmur Jaya di Kecamatan Kongbeng. Saya lihat tadi semua bangunan infrastruktur seperti pembangunan rehab rumah, jalan pendekat, penyediaan air bersih, gorong-gorong hingga peningkatan bangunan mushola hasilnya 100 persen tuntas,” jelasnya.

Ia pun meminta Dansatgas untuk mengarsipkan hasil TMMD ini. “Karena ini bagian dari tugas dalam komitmen membangun daerah dan saya harap terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dalam peningkatan hasil TMMD,” terangnya.(adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107