BACA JUGA:  Motor RT Proses Pemesanan ke Vendor, Najirah: Dalam Waktu Dekat Dibagikan

Soal Rencana Penarikan Retribusi Sampah, Basri: Itu Rekomendasi BPK

Bontang – Rencana pemberlakuan kembali penarikan retribusi sampah terhadap warga, mendapatkan tanggapan dari Wali Kota Bontang, Basri Rase.

Menurut Basri Rase, adanya penarikan kembali retribusi sampah tersebut berdasarkan arahan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Bukan karena Pemkot Bontang ingin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Itu Rekomendasi BPK, semua daerah juga seperti itu. Kalau tidak dijalankan nanti pemerintah yang kena,” jelas Basri.

BACA JUGA:  Motor RT Proses Pemesanan ke Vendor, Najirah: Dalam Waktu Dekat Dibagikan

Kata Basri, adanya teguran BPK tersebut dikarenakan Kota Bontang tidak melakukan penarikan retribusi kurang lebih selama dua tahun. Dan hal itu pun dipertanyakan BPK. BPK bahkan meminta alasan Pemkot Bontang tidak menjalankan penarikan retribusi tersebut.

“Dipertanyakan kenapa pemerintah enggak narik. Karena potensi pelanggarannya di situ,” ucapnya.

Disinggung soal masih banyak warga yang belum mengetahui soal penarikan kembali retribusi tersebut, Basri Rase mengaku jika sosialisasi terkait hal itu saat ini masih terus berjalan dan dimaksimalkan.

BACA JUGA:  188 PPPK Dilantik, Wali Kota Bontang Minta Pegawai Tak Malas

Diungkapkannya, penarikan retribusi tersebut sempat dihentikan dua tahun terakhir lantaran adanya pandemi Covid-19. Di mana hal itu sangat berimbas pada sektor ekonomi di Indonesia.

“Kemarin enggak ditarik karena covid,” ujar Basri.

Diketahui, jumlah satuan harga retribusi sampah dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan KWH meteran listrik warga.

Di antaranya, untuk yang di bawah 900 kWH dikenakan biaya retribusi senilai Rp3.500, kemudian di bawah 1300 kWH dikenakan Rp 5ribu, dan diatas 1300 kWH mencapai Rp7.500 per bulannya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107