Rusunawa Guntung Dijaga Aparat Gabungan

Bontang – Safe house Rusunawa Guntung bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan sedang dijaga aparat gabungan. Terdiri dari Satpol PP, Polisi, TNI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang.

Setiap harinya ada 4 sif. Setiap sif, terdapat 8 petugas. Satpol PP sendiri menurunkan 2 personelnya setiap sif penjagaan. Sehingga dalam sehari ada 8 personel yang ditempatkan di sana.

“Satu hari ada 32 petugas di sini yang membantu para nakes menangani pasien,” ungkap Kepala Satpol PP Ibnu Gunawan.

Adapun tenaga kesehatan yang disiapkan di Rusunawa Guntung terdiri dari 8 dokter, 12 perawat, 4 bidan, 4 tenaga ambulance, apoteker 2 orang, petugas disinfektan 2 orang, dan 4 cleaning service.

Mekanismenya, mereka yang terpapar korona, tak serta merta bisa dirawat di Rusunawa Guntung. Ada kriteria tertentu. Semisal tidak disiplin karantina, tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumah lantaran keterbatasan ruangan. Pihak Puskemas terdekat yang kemudian mengantarkan pasien ke Rusunawa Guntung.

BACA JUGA:  16 Personel Satpol PP Siaga di Tugu Selamat Datang

Selain itu, pasien pemulihan yang sebelumnya mengalami gejala berat dan harus dirawat di rumah sakit, juga menjalani masa penyembuhan di Rusunawa Guntung. Mengingat kasus terus meningkat, sementara ketersediaan ruang isolasi semakin menipis. Sehingga, untuk dapat melayani pasien gejala berat lainnya, mereka yang sudah dinyatakan membaik, dan turun menjadi gejala ringan, dipindahkan ke safe house yang telah disiapkan oleh Pemkot Bontang. (adv/kominfo)

%d blogger menyukai ini: