Satpol PP Bontang Utamakan Pendekatan kepada Masyarakat

Bontang – Akibat kasus pemukulan oknum Satpol PP di Gowa, Sulawesi Selatan, aparat penegak Perda ini disorot banyak pihak. hal inipun turut mendapat perhatian dari Satpol PP Bontang.

Sekretaris Satpol PP Bontang Sutrisno mengatakan, dalam melakukan penertiban, pihaknya lebih mengutamakan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Upaya tersebut dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat yang melanggar aturan.

Menurutnya, tugas pokok dan fungsi Satpol PP adalah menjaga kententraman dan ketertiban masyarakat, oleh karena itu Satpol PP hendaknya selalu sigap dalam berbagai kondisi. Ketentraman dan ketertiban melalui penegakan Perda sangat strategis dan salah satu upaya penting untuk dipenuhi dalam suksesnya pelaksanaan otonomi daerah.

“Tugas kami menegakkan peraturan daerah, tapi juga harus memberikan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  PPKM Mikro Darurat, Masyarakat Diminta Kurangi Mobilitas di Luar Rumah

Menurut Sutrisno, di era sekarang ini pendekatan kepada masyarakat dapat menjadi solusi yang tepat dalam menjalankan tugas sehingga kedepan tugas Satpol PP akan menjadi lebih ringan lewat pola pengertian dan sosialisasi dengan masyarakat.

“Kondisi daerah yang kondusif itu, kalau peraturan daerah maupun keputusan kepala daerah dapat ditaati dan dijalankan sebagaimana mestinya,” katanya.

Selama pandemi ini, terutama penerapan PPKM Darurat di Bontang, Satpol PP memang intens menggelar patroli, dan mengingatkan masyarakat untuk taat protokol kesehatan. Mereka juga diingatkan untuk menghindari kerumunan. (adv/kominfo)

%d blogger menyukai ini: