PNS Milenial Jadi Penghuni Awal IKN

Selisik.id – Aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) milenial akan menjadi penghuni pertama ibu kota negara (IKN) Nusantara pada 2024 mendatang.

“ASN milenial yang justru akan menjadi penduduk awal di sana,” ujar Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN di Jakarta, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (20/10).

Dhony mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan ekosistem penunjang di IKN untuk para ASN tersebut. Misalnya, gerai-gerai UMKM hingga fasilitas lainnya.

Selain itu, ia juga sudah menyiapkan rumah sakit untuk menunjang kesehatan. Dhony menyebut sudah ada pihak swasta yang berkomitmen membangun tujuh rumah sakit, salah satunya dari PT Medikaloka Hermina (Hermina Group).

BACA JUGA:  Kejati Kaltim Kawal Proses Pembebasan Lahan untuk Proyek IKN

“Kalau misalnya sakit atau istrinya melahirkan di sana ada Hermina, ada beberapa RS, ada 7 juga komitmen,” kata dia.

Oleh karena itu, ia berharap pada 2024 ASN milenial sudah bisa pindah ke IKN.

“2024 kita harapkan ini setelah Perpres keluar, IKN selesai, ASN kita pindahkan beserta dengan kebutuhan dasarnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyebut, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi ke kementeriannya untuk menyiapkan sejumlah skenario pemindahan dan digitalisasi ASN di IKN.

Ia mengklaim Kemenpan RB tengah memasuki tahap asesmen sehingga targetnya skenario tersebut bisa tuntas tahun depan.

“Ini bertahap, ini ada beberapa skenario belum bisa saya sampaikan. Ini ada skenario (ASN pindah) 20 ribu, 60 ribu, 100 ribu,” kata Azwar.

BACA JUGA:  Telan Rp5,3 Triliun, Pembangunan IKN Nusantara Tahap 1 Dimulai

Mantan bupati Banyuwangi itu juga mengatakan pemerintah kini tengah berupaya menciptakan lingkungan tinggal agar para abdi negara itu bersedia pindah ke IKN secara sukarela.

“Yang pasti di IKN ini nanti kampanye kita agar lingkungan yang menarik yang nyaman, kita tidak ingin paksa,” kata dia.

Azwar memberi gambaran manakala IKN nanti memiliki sarana dan prasarana yang maju dan memadai, maka para ASN juga tak akan segan untuk memulai hidup di sana.

Prasarana yang ia maksud termasuk rumah sakit modern dan sekolah unggulan mulai dari Taman Kanak-kanak hingga berbagai perguruan tinggi berkelas. Kemudian jalan bebas macet, serta polusi dan tentunya listrik yang memadai.

%d blogger menyukai ini: