BACA JUGA:  Bank Indonesia Pindah ke IKN Tahun Depan

Hingga Februari 2024, Pembangunan IKN Telan Anggaran Rp2,3 Triliun

Selisik.id – Realisasi anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) per 29 Februari 2024 telah menembus angka 146 juta dollar AS atau ekuivalen Rp2,3 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tahun ini Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp39,3 triliun atau 2,5 miliar dolar AS dari APBN untuk IKN.

“Dengan tingkat realisasi sebesar Rp2,3 triliun atau 5,8 persen dari pagu yang ditetapkan,” ujarnya, Senin (25/3/2024).

BACA JUGA:  Kementerian PUPR Siapkan Ketersediaan Air di IKN Nusantara hingga Tahun 2100

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran sebesar Rp400 miliar (25,4 juta dolar AS) dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Antara lain kawasan istana negara, kawasan kementerian, dan gedung Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Anggaran tersebut juga terserap untuk pekerjaan pembangunan menara rumah susun aparatur negara, rumah tapak kementerian, jalan tol, jalan dan jembatan, bandara VVIP, Bendungan Sepaku Semoi, embung di kawasan inti pemerintahan, sistem pengendalian banjir, dan rehabilitasi lahan.

BACA JUGA:  Pemerintah Buka 40.021 Formasi CPNS di IKN, 5 Persen untuk Orang Kalimantan

Sisanya sebesar Rp1,9 triliun (120,6 juta dolar AS) digunakan untuk aspek non-infrastruktur, termasuk perencanaan, koordinasi, dan persiapan pemindahan ibu kota baru; promosi dan penyebaran informasi mengenai IKN.

Kemudian laporan dan rekomendasi kebijakan untuk kementerian dan lembaga; kegiatan pemetaan, pemantauan, dan evaluasi; dukungan aparat keamanan; dan operasional OIKN.

Secara total, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp71,8 triliun (4,6 miliar dolar AS) dari APBN untuk pengembangan pusat pemerintahan Indonesia pada masa depan selama periode 2022–2024.

BACA JUGA:  PUPR Bakal Teken Kontrak Proyek IKN Rp4 Triliun Hari Ini

Realisasi anggaran pada tahun 2022 dan 2023 masing-masing mencapai Rp5,5 triliun (349 juta dolar AS) dan Rp27 triliun (1,7 miliar dolar AS).

(Kompas.com)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107