BACA JUGA:  Viral Pendeta Hindu India Serukan Serang Mekkah dan Rebut Ka'bah

Kreator Konten Asal Filipina Meninggal Dunia Usai ‘Mukbang’ Ayam Goreng

Selisik.id – Kreator konten asal Filipina, Dongz Apatan dinyatakan meninggal dunia pada 14 Juni 2024 usai mukbang sepiring ayam goreng dan nasi.

Diberitakan Asia One, pria dengan nama asli Manoy Apatan (38) itu memiliki lebih dari 457.000 pengikut di halaman Facebook dengan nama akun Dongz Four.

Dia kerap mengunggah konten mukbang saat makan sepiring besar makanan lokal.

Mukbang kepanjangan dari meokneun (makan) dan bangsong (siaran) dalam bahasa Korea. Ini berarti kegiatan makan yang disiarkan kepada penonton.

Meninggal setelah makan ayam goreng

Manoy sempat membagikan video saat dirinya mukbang ayam goreng dan nasi pada 13 Juni 2024 melalui akun media sosialnya.

Namun, saudara perempuan Manoy, Leah Apatan lalu mengunggah kabar bahwa Manoy mengalami serangan jantung sekitar pukul 3 sore dan dilarikan ke rumah sakit.

Sehari kemudian, Manoy dinyatakan meninggal dunia pada 14 Juni 2024.

Leah mengakui, saudaranya memiliki tekanan darah tinggi. Namun, dia menolak kabar yang menyebut Manoy makan terlalu banyak dan mengonsumsi makanan non-lemak.

BACA JUGA:  Viral, Ibu-ibu di Aceh Usir Paksa Pengungsi Rohingya

Dia juga menyebut kematian Manoy tidak dihormati di media sosial, sehingga merasa sakit hati. Sebab, orang-orang menjadikan Manoy bahan tertawaan karena informasi yang salah dari kontennya.

“Ada banyak komentar yang mengatakan bahwa Manoy pantas mati karena dia rakus akan makanan, tetapi itu hanya konten,” ujarnya, dikutip dari GMA News Online.

“Dia tidak makan banyak. Dia juga tidak menghabiskannya. Manoy tidak rakus. Dia telah menolong banyak orang,” lanjutnya.

Leah juga meminta bantuan masyarakat untuk menyekolahkan ketiga anak Apatan usai kepergiannya.

Makan daging sebabkan stroke

Seorang dokter bernama Tony Leachon mengungkapkan, Apatan meninggal karena menderita stroke hemoragik atau pembuluh darah di otak pecah.

“Menurut dokter yang menanganinya di ruang gawat darurat, ada gumpalan darah di otak. Itu artinya tekanan darahnya meningkat dan pembuluh darah di otaknya pecah. Jadi, penyebab kematiannya adalah stroke hemoragik,” jelasnya.

BACA JUGA:  Remaja Korban Bully di TikTok Bakal Tur Kantor Pusat Charles & Keith

Tony memperingatkan, makan makanan asin dapat memicu stroke dan serangan jantung. Selain itu, makan daging setiap hari juga menyebabkan gangguan tersebut.

Oleh karena itu, dia lebih merekomendasikan porsi makan yang standar, seperti makan ikan dan ayam daripada daging merah. Kemudian, ditambah separuh piring sayuran dan buah-buahan.

“Jadi, saya rasa ini pelajaran untuk kita semua. Jika ini menjadi kebiasaan, kebiasaan Anda menentukan perilaku Anda, dan perilaku Anda menentukan nasib Anda juga. Makan terlalu banyak itu tidak baik, apalagi jika makanannya asin, berlemak, dan manis,” katanya.

Leachon juga mengimbau publik tidak sering menonton konten mukbang. Sebab, video tersebut menimbulkan masalah karena banyak orang akan mencoba makan berlebihan demi konten.

Sebuah penelitian menunjukkan, menonton mukbang secara terus-menerus dapat menyebabkan gangguan makan atau kecanduan internet.

BACA JUGA:  Viral Video Mesum Sesama Pria di Banjarmasin

Filipina bakal larang mukbang

Departemen Kesehatan Filipina (DOH) mengeluarkan peringatan kesehatan masyarakat terhadap video mukbang, menyusul kematian Dongz Apatan.

DOH bahkan sedang mempertimbangkan akan melarang siaran video mukbang karena dianggap sebagai praktik yang tidak sehat.

Sekretaris DOH, Ted Herbosa mengungkapkan, mukbang adalah praktik buruk berisi orang yang makan berlebihan untuk membuat konten.

“Makan berlebihan tidak sehat. Itu akan menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit tidak menular, dan bahkan serangan jantung,” kata dia, dilansir dari Phil Star.

Ted menyatakan, dirinya dapat melarang persebaran video mukbang secara lokal. Dia juga dapat meminta Departemen Teknologi Informasi dan Komunikasi (DICT) untuk melarang situs-situs yang menyiarkannya.

DOH menekankan, orang-orang yang menyiarkan kontan mukbang berarti mempromosikan perilaku tidak sehat bagi warga Filipina.

“Ini seperti pornografi makanan, membuat orang makan seperti orang rakus,” kata Herbosa.

(Kompas.com)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107