Irfan Dorong Pengelolaan BLKI Diserahkan ke Daerah

Bontang – Badan Latihan Kerja Industri (BLKI) Bontang kini wewenangnya masih berada di provinsi. Hal ini pun disorot anggota Komisi I DPRD Bontang Irfan. Dia meminta pengelolaan BLKI bisa diserahkan ke daerah. Guna mendukung upaya penguatan SDM yang unggul di Kota Taman.

“Pemkot harus insentif komunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Gubernur Kaltim Isran Noor, harus proaktif,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu, kata Irfan, Komisi I sempat melakukan kunjungan ke Disnakertrans Kaltim. Isu soal pengalihan BLKI ke Bontang turut dibicarakan. Usulan pengalihan itu rupanya disambut baik. Namun Pemkot Bontang harus bekerja ekstra untuk meyakinkan Gubernur Kaltim, Isran Noor. Sebab dia yang memegang otoritas soal keputusan hibah BLKI.

“Koordinasinya ke Disnakertrans Kaltim dan Gubernur. Karena keputusan hibah semua tergantung gubernur (Isran Noor),” ujar Politikus PAN ini.

Jika nanti pengelolaan BLKI dialihkan, dewan siap mendukung dari sisi anggaran. Baik penganggaran murni ke Disnaker atau melalui aspirasi dewan. Irfan juga mengusulkan, Pemkot Bontang buat kesepakatan swadana dengan perusahaan agar pengelolaan BLKI semakin baik.

“Ini juga selaras dengan pemberdayan 75 persen tenaga kerja lokal. ketika menuntut tenaga kerja diserap maksimal, juga harus pastikan SDM sanggup menghadapi tantangan industri,” pungkasnya.