Pansus Target Raperda RTRW Rampung Juli

SELISIK.ID, Bontang – Panitia khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (Raperda RTRW) menargetkan raperda akan rampung pada bulan Juli.

Jika tidak, raperda tersebut akan dibahas ulang oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang terpilih periode 2019-2024.

Ketua Pansus RTRW Muslimin mengatakan, persetujuan substansi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) sudah dikantongi. Pansus dan tim asistensi raperda tinggal menyepakati tiga poin yang tersisa.

Kata dia, adapun perubahan materi raperda antara lain pengubahan titik pelabuhan di kawasan industri Bontang dan titik reklamasi pantai. Kemudian perluasan kawasan industri menjadi 828 hektar.

“Perluasan kawasan industri ini memang diperlukan untuk persiapan kilang Bontang,” ujar Muslimin.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, pihaknya mengupayakan pembahasan segera selesai bulan ini. Sehingga bisa disahkan menjadi Perda Kota Bontang bulan depan.

Sementara itu, Asisten II Setda Bontang Zulkifli memaparkan, perubahan materi sesuai Peraturan Kementerian ATR Nomor 1/2018 Tentang Pedoman Penyusunan RTRW Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Pada tahapan penyusunan draft raperda, tim asistensi daerah dibimbing oleh Kementerian ATR. ”Pengawasan sepenuhnya dilakukan oleh kementerian, bahkan harus berkali-kali konsultasi sebelum persetujuan substansi terbit,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya mengaku perubahan materi rapeda tak dilakukan secara menyeluruh. Pengubahan hanya pada sistematika penulisan atau 20 persen dari pembahasan materi semula.

“Tidak mengubah substansi, hanya sistematika saja, tapi diawasi penuh oleh kementerian,” ujarnya. (ver)