Wakil Ketua DPRD Kaltim Sebut Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 di halaman Kantor Gubernur Kaltim Jl. Gajah Mada No. 2 Samarinda, Sabtu (1/10).

Upacara peringatan tahun ini bertema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, membacakan Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 dihadapan peserta upacara yang terdiri dari jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Polresta Samarinda, Satuan Polisi Pamong Praja Prov Kaltim.

Hadir pula Ormas seperti Laskar Merah Putih, Pemuda Pancasila, serta ASN Pemprov Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengungkapkan, Pancasila wajib dijaga, dipertahankan, dan disebarluaskan ke masyarakat, terutama generasi muda penerus bangsa.

BACA JUGA:  Fraksi PDI-Perjuangan Beri Sejumlah Catatan Terkait Nota Keuangan dan Raperda APBD Kaltim 2023

“Pancasila adalah alat pemersatu bangsa,” ucapnya.

Samsun menambahkan, bahwa Pancasila juga merupakan arah penuntun untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Diddy Rusdiansyah Anan Dani mengungkapkan,
Pancasila sebagai ideologi dan falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut dia, dalam butir-butir Pancasila sangat jelas mengandung inti sari kehidupan dan tata laksana pemerintahan bangsa.

Karenanya, lanjut mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kaltim ini, ideologi Pancasila telah mengakomodir seluruh agama, suku dan kepentingan rakyat Indonesia wajib dijaga sampai kapan pun.

“Pancasila sebagai pondasi dasar bangsa tidak lepas dari degradasi dan rongrongan ideologi bangsa lain. Maka, Pancasila wajib kita jaga dan dihayati segenap bangsa Indonesia,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Veridiana Huraq Wang Minta Pemasangan Pipa PDAM Balikpapan Dipercepat

Ditegaskannya, ancaman terhadap Pancasila tidak saja dalam bentuk fisik, tapi kemajuan teknologi dan kekuatan ekonomi luar yang jelas tidak terlihat secara kasat mata. (mw/ADV/DPRD Kaltim)

%d blogger menyukai ini: