BACA JUGA:  Populasi Orang Utan di Kaltim Tumbuh 17 Persen

Viral Orang Utan Setinggi Rumah Warga di Kutai Timur, BKSDA Telusuri

Kutai Timur – Viral video penampakan orang utan berukuran hampir setinggi rumah berkeliaran di permukiman warga yang diduga berada di Kutai Timur (Kutim). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim tengah menelusuri video orang utan yang direkam seorang pengendara itu.

“Dari kemarin kita sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran dari media sosial dan lain-lain. Kemudian juga dari kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasinya yang dimaksud (Kutim),” kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto kepada detikcom, Senin (8/7/2024).

Ari menerangkan dari video yang diterima, pihaknya belum dapat memastikan lokasi pasti orang utan berada. Sebab menurutnya informasi yang beredar di media sosial masih simpang siur.

BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Evakuasi Dua Orang Utan yang Tersesat di Kutai Timur

“Ya jadi masih simpang siur. Sayangnya bahwa peng-upload pertama video itu sudah men-take down upload mereka. Jadi agak susah kita mencari informasi lebih lanjut, tapi kita tetap mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut,” terangnya.

“Kita belum memastikan lokasinya itu ada di mana apakah di Kalimantan Timur, Kalbar, atau Kalteng. Belum bisa menentukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ari menerangkan dari pengamatannya, orang utan yang terekam warga tersebut merupakan orang utan jantan dan juga merupakan orang utan senior. Sementara terkait ukuran orang utan yang dinarasikan hampir setinggi rumah warga, menurut Ari hal itu disebabkan pengambilan sudut video.

BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Lepas Liarkan Tiga Orangutan di Hutan Lindung Gunung Mesangat

“Lihat angle videonya, itu kan diambil dari bawah, kemudian juga rumah itu kita tidak tahu jaraknya seperti apa. Jadi itu karena angle aja sih pengambilan videonya juga cukup bagus. Kesannya jadi besar,” ungkapnya.

Ari menambahkan mengenai keberadaan orang utan yang memasuki permukiman warga atau jalan raya suatu kewajaran. Hal tersebut mengingat orang utan tersebut merupakan jantan dan tidak memiliki wilayah teritori.

BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Ungkap Kondisi Orang Utan Kurus di Area Tambang

“Ya memang tingkah lakunya pasti mereka mencari betina atau mencari makan di tempat, jadi tidak ada teritori. Mereka pasti akan berkeliling mencari sesuatu hal seperti lelaki petualang, seperti itu karena dia ini senior sekali,” tuturnya.

“Jadi mereka tidak akan sanggup memanjat pohon karena sudah berat badannya itu sudah besar,” pungkasnya.

Dari video yang beredar nampak orang utan berada di sebuah pohon dekat permukiman warga. Dalam video itu nampak ukuran orang utan saat berdiri tingginya hampir mencapai rumah warga.

(detikcom)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107