BACA JUGA:  Disdikbud Kutim Sebut Turnamen Sepak Bola MBC Ajang Seleksi untuk Gala Siswa Nasional

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdikbud Kutim Gelar Bimtek Penguatan Kelembagaan dan Manajemen PAUD

Kutai Timur – Dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim menggelar Sosialisasi dan Bimtek terkait penguatan kelembagaan dan manajemen PAUD, digelar di Lantai M, Ruang Muria Hotel Kimaya, Kawasan Slipi Jakarta Barat.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari mulai 9 – 11 November 2023 itu, melibatkan sejumlah lembaga perangkaat PAUD, seperti perwakilan Paguyuban TK Negeri Kutim, HIMPAUDI, DPC PPPAUD serta Pokja Bunda PAUD.

Ketua Panitia sekaligus Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikbud Kutim Achmad Junaidi menyampaikan dalam laporannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penguatan pembelajaran sekaligus evaluasi terhadap perangkat kerja dalam pengelolaan PAUD.

BACA JUGA:  Tanamkan Pendidikan Agama Sejak Dini, Disdikbud Kutim Uji Coba Pembelajaran Kitab Suci di Lima SD

“Menciptakan sinergisitas disetiap lini perangkat kerja PAUD, sehingga kualitas pendidikan PAUD di Kutai Timur semakin meningkat. Sebab PAUD menjadi unsur Pendidikan paling dasar dalam membentuk karakter anak,” jelasnya.

Achmad juga menambahkan pihaknya mengundang sejumlah narasumber yang berkompeten dibidangnya untuk memberikan edukasi sesuai dengan porsi masing-masing perangkat kerja pengelola PAUD.

“Kita undang dari perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk bisa menyerap ilmu dan manfaat dari beliau terutama mengenai kebijakan daerah dalam pengelolaan PAUD dan hal-hal yang perlu dilakukan oleh Bunda PAUD,” tambahnya.

BACA JUGA:  Jingle Magic Land Kutim Diharapkan Mampu Memotivasi Para Pendidik PAUD

Sementara itu, Bunda PAUD Kutim Siti Robiah Ardiansyah mengapresiasi kegiatan ini. Tentunya lewat diskusi yang berjalan hangat ini dapat menjembatani PAUD dan PD yang menjadi mitra strategis dari Disdikbud Kutim.

“Lewat kemitraan yang terjalin pastinya dapat menguatkan komitmen memajukan PAUD Kutim dengan program yang sudah dijalankan dengan baik lewat gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” urainya.

Kemudian, dalam hal ini Disdikbud Kutim melakukan sosialisasi dan bimtek ini tentunya agar guru PAUD dan SD dapat memahami betul transisi yang dijalankan sesuai arahan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kaltim.

BACA JUGA:  Bupati Kutim Tutup Turnamen Tenis Lapangan Terbuka Se-Kaltimtara

“Guru PAUD dan SD sudah mendapatkan dari Bimtek dari BPMP, makanya hari ini kita matangkan serius dalam peningkatan pengelolaan PAUD Kutim. Hingga kini sudah ada sekitar 1.000 guru yang sudah ikut Bimtek yang terbagi dalam 5 angkatan dan terbagi di 5 zona. Harapannya ke depan, PAUD di Kutim semakin berkualitas lewat bantuan guru yang mendedikasikan dirinya konsisten memajukan pendidikan daerah,” singkatnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107