Tak Ada Lowongan Khusus Difabel di Job Fair 2022, Ini Jawaban Disnaker Bontang

BONTANG– Job Fair yang digelar Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Kalimantan Timur bersama Disnaker Kota Bontang tak satupun menerima difabel.

Seperti pantauan awak media di lokasi. Beberapa informasi lowongan kerja yang terpampang di papan pengumuman, nyaris tak ada satu pun lowongan kerja khusus difabel.

Padahal hal itu jelas tertuang dalam UU Nomor 8 Tahun 2016 dan Perda Kaltim Nomor 1 Tahun 2018 tentang perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas.

Menanggapi hal itu, Kepala Disnaker Bontang Abdu Safa Muha membenarkan bahwa pada Job Fair kali ini memang belum ada perusahaan yang membuka lowongan khusus untuk difabel.

Namun, orang dengan difabel memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam Job Fair 2022.

BACA JUGA:  PLN Bontang Belum Terima Keputusan Kenaikan Tarif Listrik Non Subsidi

“Terkait kesetaraan kita tidak membedakan. Selama memenuhi syarat siapa pun boleh berpartisipasi,” ujarnya, Rabu (9/2/2022) ditemui di Auditorium Tiga Dimensi, tempat Job Fair digelar.

Disinggung soal persyaratan yang membatasi status pendidikan Safa Muha pun tidak menampik kendala yang ia hadapi.

Meski begitu ia mendorong tiap perusahaan agar memberi kesempatan dengan membuka lowongan kerja bagi difabel.

“Kan itu sudah jelas tertuang dalam aturan. Perusahaan wajib menyediakan lowongan bagi difabel minimal dua persen,” timpalnya.

Meski telah dilakukan sosialisasi di tiap perusahaan, pihaknya tak memeliki kapasitas lebih dalam menegur perusahaan yang tidak menjalankan aturan tersebut.

“Kami selalu mengingatkan amanat undang-undang ke perusahaan di tiap kegiatan. Lebih dari itu bukan kewenangan kami. Itu sudah menjadi kewenangan provinsi,” tandasnya.

BACA JUGA:  4,4 Juta Lapangan Kerja Ditarget Tercipta di Tengah Ancaman Resesi

Diketahui, Job Fair ini melibatkan 14 perusahaan dan membuka 117 lowongan pekerjaan.

Kegiatan bursa kerja digelar mulai hari ini Rabu, 9 Februari 2022 hingga 11 Februari 2022 ini memprioritaskan masyarakat Kota Bontang dengan menyediakan beragam lowongan pekerjaan.

Mulai dari sales, perawat, dokter, asisten, engineer, akuntan, store crew, mekanik, petugas laundry, petugas kebersihan hingga terapis.

Kualifikasi jenjang pendidikan pun bervariasi. Rinciannya 19 formasi tersedia untuk jenjang SMA/SMK sederajat, 18 formasi untuk jenjang D3 dan 14 formasi untuk jenjang S1. (red/sel)

%d blogger menyukai ini: