Bontang PPKM Level 3 karena Kasus Positif Februari Tinggi, Satgas Validasi Capaian Vaksinasi

BONTANG – Kota Bontang masuk dalam daerah menyandang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Tim Satgas Covid-19 Kota Bontang Letkol Arh Choirul Huda mengatakan, salah satu penyebab Kota Taman stagnan di level 3 lantaran kasus terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat cukup drastis sepanjang Februari.

Berdasarkan infografis Promkes Bontang, per 1 Maret 2022 kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1.729 orang. Sebanyak 1.659 orang menjalani isolasi mandiri dan 70 orang lainnya dirawat.

Sedangkan, capaian vaksin berada di angka 86,2 persen untuk dosis pertama, 78,6 persen untuk dosis kedua dan 11 persen untuk dosis ketiga.

“Mengingat kenaikan persentase vaksin hanya dua persen kita akan berupaya maksimal untuk menjaring vaksinasi masyarakat yang belum vaksin,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ribuan Vaksin Pfizer Kadaluarsa, Satgas Covid-19 Bontang: Pemusnahan Tunggu Arahan Pusat

Kata dia, pihaknya berencana akan memvalidasi ulang soal target vaksinasi sebanyak 152.724 orang. Dengan melibatkan lurah dan ketua RT untuk mencatat seluruh warganya yang belum disuntik vaksin.

“Tingginya mobilitas warga tidak bisa kita hindari. Baik mereka yang sedang bertugas di luar daerah, kuliah dan sebagainya. Oleh sebab itu kesadaran warga untuk tidak menunda vaksin sangat dibutuhkan,” tandasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 14 tahun 2022 menyebut 10 kabupaten-kota di Provinsi Kalimantan Timur menyandang status PPKM Level 3. (red/sel)

%d blogger menyukai ini: