BACA JUGA:  Isran Noor Gantikan Anies sebagai Ketua APPSI

Serapan APBD Kaltim 2023 Diklaim Capai 92 Persen

Samarinda – Pejabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyebut serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi 2023 mencapai 92 persen. Ini merupakan angka tertinggi sepanjang lima tahun terakhir.

Akmal Malik mengucapkan rasa syukurnya di depan awak media setelah menghadiri Rapat Paripurna ke-2 DPRD Kaltim dalam rangka Peringatan HUT ke-67 Provinsi Kaltim.

“Tentu kami bersyukur serapan tahun 2023 mencapai 92 persen. Apresiasi kepada Sekda hingga para OPD atas kinerjanya,” ungkap Akmal Malik pada Senin (8/1/2024) dikutip dari Kaltimtoday.co.

Ia menilai, capaian itu tidak lepas dari peran DPRD Kaltim yang melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Terlebih, di tahun 2024 pihaknya akan membuat target baru untuk melampaui capaian di tahun sebelumnya.

BACA JUGA:  Perusahaan Tambang di Kaltim Diminta Bayar Keuntungan ke Pemerintah

“Kami juga membuat pemetaan dan kemudian indikator-indikator juga akan lebih dipertajam. Sekali lagi, prestasi yang kami capai adalah prestasi bersama,” terangnya.

Kemudian, Akmal Malik mengatakan bahwa pemerintah daerah punya komitmen untuk membangun Kaltim dengan program-program yang bermanfaat bagi masyarakatnya.

“Karena serapan anggaran yang cukup tinggi, itu berarti dana rakyat yang dikelola, telah digunakan untuk kepentingan rakyat Kaltim,” bebernya.

BACA JUGA:  BPKAD Kaltim Miliki Gedung Baru Senilai Rp73 Miliar

Selain itu, Akmal Malik menyebut jika Jika Kaltim telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam berbagai indikator pembangunan.

Beberapa indikatornya meliputi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan ekonomi, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita.

“Mengacu pada IPM nasional kan sekitar 71, kita sudah melebihi. IPM kita sekarang 78. Begitu juga soal pertumbuhan ekonomi kita yakni 6,3 persen, standar nasional yaitu 5 persen,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kaltim Buka 4.427 Formasi ASN pada 2023

Kendati demikian, Akmal Malik mengimbau seluruh pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi, dalam memajukan Kalimantan Timur ke depannya.

“Harapannya, semua pihak mau untuk membangun Kaltim yang lebih baik, sejahtera, dan berdaya saing tinggi,” tutupnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107