BACA JUGA:  Hilang Dua Hari, Pria di Samarinda Ditemukan Tewas Terbungkus Karung di Selokan

Pemkot Samarinda Salurkan Bantuan Keuangan Rp1,3 Miliar untuk 10 Parpol

Samarinda – Pemkot Samarinda menyalurkan bantuan keuangan kepada sepuluh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Samarinda. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp1,3 miliar.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyatakan penyaluran bantuan keuangan ini adalah tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 tentang bantuan keuangan kepada partai politik. Di mana dana bantuan ini bersumber dari APBD murni Kota Samarinda tahun 2024.

“Tujuan dari bantuan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi partai politik dalam pendidikan politik kepada masyarakat dan kader partai,” katanya, Senin (8/7) dikutip dari Antara.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Samarinda Sucipto Wasis menambahkan bahwa bantuan keuangan ini digunakan untuk kepentingan politik dan operasional partai.

BACA JUGA:  Pria di Samarinda Curi 10 Motor Wanita yang Dikencani dari MiChat

“Sebanyak 60 persen dari bantuan akan dialokasikan untuk kegiatan pendidikan politik, sementara 40 persen sisanya untuk operasional di sekretariat partai,” sebutnya.

Wasis juga menyampaikan bahwa bantuan keuangan ini akan diperuntukkan mulai bulan Januari hingga Agustus 2024. Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pesta demokrasi, seperti Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Samarinda.

BACA JUGA:  Kesbangpol Mulai Verifikasi Partai Politik untuk Pemilu 2024

“Dengan adanya bantuan keuangan ini, diharapkan partai politik dapat lebih aktif dalam melaksanakan pendidikan politik dan meningkatkan kualitas demokrasi di Samarinda,” tutur Wasis.

Berikut daftar sepuluh partai politik yang menerima bantuan keuangan beserta besarannya:

– PDI-P Kota Samarinda: Rp258 juta.

– Gerindra Kota Samarinda: Rp245 juta.

– Golkar Kota Samarinda: Rp149 juta.

BACA JUGA:  Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2024 Sesuai Jadwal

– PKS Kota Samarinda: Rp148 juta.

– NasDem Kota Samarinda: Rp139 juta.

– Partai Demokrat Kota Samarinda: Rp136 juta.

– PAN Kota Samarinda: Rp124 juta.

– PKB Kota Samarinda: Rp80 juta.

– PPP Kota Samarinda: Rp75 juta.

– Hanura Kota Samarinda: Rp47 juta.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107