BACA JUGA:  Ketua dan Pengurus FJB Jadi Peserta Terbaik UKW 2023

FJB Bakal Gelar Fesmed dan UKJ Tahun Ini

Bontang – Forum Jurnalis Bontang (FJB) menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk merumuskan program di Tahun 2024. Lokasi Raker berlangsung di Pulau Derawan, Kabupaten Berau. Terhitung mulai tanggal 11-14 Januari 2024.

Pelaksanaan raker diikuti jajaran pengurus dan anggota dari organisasi yang mewadahi para jurnalis di Kota Taman tersebut.

Herdi Jafar, Ketua FJB mengatakan, terdapat sejumlah program kerja (proker) yang telah dirumuskan dalam raker kali ini. Selain itu, juga dilakukan evalauasi terhadap sejumlah program yang telah berjalan di 2023 lalu.

Termasuk mengevaluasi status keanggotaan baik yang sudah tidak aktif ataupun sudah tidak berprofesi lagi sebagai kuli tinta. Kata dia, proker dirancang agar memudahkan FJB dalam mencapai target-target di tahun ini. Di sisi lain, juga ajang memperkuat internal dari para pengurus maupun anggota.

BACA JUGA:  Herdi Jaffar Resmi Pimpin Forum Jurnalis Bontang

“Harapan kami setelah raker ini, seluruh pengurus dan anggota FJB bisa semakin kompak. Program yang kami jalankan juga nantinya bisa berjalan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak. Tentu kami menginginkan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin,” ujarnya.

Di antara sejumlah proker yang telah dirumuskan, terdapat dua program yang bakal menjadi fokus utama FJB di tahun ini. Antara lain Festival Media (Fesmed), dan Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ).

BACA JUGA:  Merawat Kebersamaan Jadi Spirit Pengurus Baru FJB

Herdi bilang, Fesmed bakal menjadi ajang silaturahmi antar sesama insan pers di Bontang. Tidak hanya melibatkan para pekerja media, namun juga melibatkan berbagai pihak, sehingga kehadiran FJB bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Adapun UKJ, hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas para jurnalis di Kota Taman. Harapannya dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik, para kuli tinta tetap patuh terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kami melihat UKJ ini sangat penting dilakukan. Tujuannya melahirkan jurnalis-jurnalis yang berkompeten sehingga mampu menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi kepada masyarakat, serta memerangi berita palsu atau hoaks yang banyak beredar,” beber Herdi.

BACA JUGA:  FJB Berbagi, Bukber dan Serahkan Bantuan ke Panti Asuhan Nurul Hidayah

Di sela-sela kegiatan raker, pengurus dan anggota FJB turut mendatangi sejumlah wisata ungggulan yang ada di Pulau Derawan dan sekitaran Kepulauan Derawan. Antara lain Goa Halo Tabung di Pulau Maratua, menyelam permukaan laut (snorkling) di Pratasaba Resort, mengunjungi Pulau Kakaban, dan terakhir melihat penangkaran anak penyu (tukik) di Pulau Sangalaki.

Pelaksanaan raker bisa berjalan berkat dukungan dari sejumlah sponsor. Antara lain PT Pupuk Kaltim, PT Pertamina, PT Indominco Mandiri (IMM),Wakil Ketua DPRD Bontang, Agus Haris, Etha Rimba Paimbonan dan PDAM Tirta Taman.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107