BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Evakuasi Dua Orang Utan yang Tersesat di Kutai Timur

BKSDA Kaltim Ungkap Kondisi Orang Utan Kurus di Area Tambang

Kutai Timur – Orang utan ditemukan dalam kondisi kurus kering di area tambang Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim mengungkap orang utan kurus tersebut diduga mengalami sakit.

“Diduga (orang utan) induknya mengalami sakit. Jadi perlu ada perawatan penanganan medis lanjutan,” kata Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto, Rabu (27/9/2023) dikutip dari detikcom.

Ari menyebut dugaan orang utan kelaparan masih dalam pemeriksaan. Sebab saat melakukan evakuasi, tim BKSDA menemukan 4 orang utan lain di lokasi induk orang utan itu ditemukan, yang berada di pertengahan dua pertambangan besar di Kutai Timur.

BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Lepasliarkan Empat Orang Utan di Hutan Kutai Timur

“Ketika proses pencarian induknya itu, kita menemukan 4 orang utan lagi, di areal pertambangan itu. Keempat orang utan lainnya itu dalam kondisi sehat,” terangnya.

“Belum bisa mendeteksi ke arah sana (kelaparan), tapi yang jelas kita masih tes darah ke lab,” imbuhnya.

Saat ini orang utan yang belum diketahui umurnya tersebut telah menjalani observasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di Kabupaten Berau guna memastikan kondisi kesehatannya.

BACA JUGA:  BKSDA Kaltim Evakuasi Orang Utan Kurus di Area Tambang

“Sekarang sudah ada di pusat penyelamatan satwa kami yang ada di Berau. Masih di observasi ya, nanti kalau sudah ada keputusannya usia nya nanti saya beri tahu,” ungkapnya.

Selain itu, mengenai anak orang utan yang belum ditemukan, Ari menerangkan sampai saat ini pihaknya masih berada di lapangan mencari keberadaannya. Namun ia menyebut bahwa anak orang utan itu dapat hidup meski tanpa diasuh induknya.

BACA JUGA:  Astuti, Orang Utan Korban Perdagangan Gelap Satwa Dipulangkan ke Berau

“Iya masih (di lapangan), kalau saya melihat posisi bayinya itu agak besar, jadi kelihatannya si sudah bisa mencari pakan sendiri,” sebutnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107