BACA JUGA:  Kabut Asap Makin Pekat, Warga Berau Diimbau Kenakan Masker

Berau Kedatangan 566 WNA Sepanjang 2023

Berau – Sepanjang 2023, 566 warga negara asing (WNA) bertandang ke Kabupaten Berau. Mulai wisatawan asing hingga tenaga kerja asing. Mereka berasal dari Eropa, Inggris, Cina, Jepang, serta beberapa negara di Asia Tenggara lainnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non-TPI Tanjung Redeb Benyamin Kali Patembal Harahap menyebut, orang asing yang masuk ke wilayah hukum kerjanya mayoritas untuk berlibur. Meski tidak sedikit yang bekerja di perusahaan tambang batu bara hingga perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Kaltim Tolak Wacana Berau Gabung ke Kaltara

“Sedangkan tenaga kerja asing di Berau ada 66 orang yang bekerja di resort, tambang batu bara, hingga perkebunan sawit,” ungkapnya.

Dijelaskannya, wilayah kerjanya juga meliputi dua kecamatan di Kutai Timur (Kutim) yaitu Sangkulirang dan Muara Wahau. Diakuinya, cukup kewalahan mengawasi daerah yang cukup jauh-jauh tersebut.

“Tentunya luas daerahnya sangat jauh-jauh semua. Dari Tanjung Redeb ke Bidukbiduk saja bisa sampai 7 jam lamanya, kalau ke Segah bisa sampai 3 jam,” katanya.

BACA JUGA:  Rp55,9 Miliar Disiapkan untuk Pilkada Berau

Karena itu, dalam optimalisasi pengawasan orang asing pada tahun ini, pihaknya memaksimalkan peran Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di lapangan. Yang terdiri dari instansi pemerintah daerah, camat, lurah, kepala kampung, kapolsek, danramil, hingga tokoh masyarakat.

“Itu sudah sesuai dengan arahan surat keputusan Kemenkumham,” ujarnya.

Selain itu, agar pengawasan tetap maksimal, Timpora mengadakan rapat koordinasi yang dilakukan secara berkala setiap minggu. Tak hanya itu, sesuai peraturan perundang-undangan (UU) Nomor 6 Tahun 2011, mewajibkan tempat penginapan hotel losmen bahkan kos-kosan melaporkan tamu warga negara asing (WNA) yang berkunjung.

BACA JUGA:  Satu Keluarga di Berau Ditangkap Usai Curi Aki Tower Telkomsel Senilai Rp1,1 M

“Jadi pemilik diminta untuk melaporkan tamu WNA-nya. Dan itu sudah kami jalankan di semua tempat penginapan termasuk di Pulau Derawan dan Maratua,” pungkasnya.

(Prokal.co)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107