BACA JUGA:  Pemkot Bontang Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Selambai

Wali Kota Basri Minta Bank Kaltim-Kaltara Beri UMKM Pinjaman Tanpa Bunga

Bontang – Wali Kota Bontang Basri Rase berharap Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim-Kaltara Cabang Bontang memberlakukan program pinjaman tanpa bunga untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian dan pengembangan UMKM di Bontang.

Basri mengatakan, menyambut pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Bontang jangan lagi bergantung pada industri saja. Namun, harus meningkatkan peluang dari sektor lainnya, termasuk sektor UMKM.

BACA JUGA:  Kasus Stunting di Bontang Diklaim Turun Jadi 18 Persen

Saat ini, usulan peminjaman dana dengan bunga nol persen untuk pelaku UMKM masih dalam tahapan koordinasi dengan pihak bank.

“Pokoknya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, sekarang masih rapat internal bersama pihak bank,” ujarnya, Rabu (29/5/2024).

Menurut Basri, agar pelaku UMKM mendapatkan pinjaman tersebut ada regulasi yang harus dipenuhi, yaitu memiliki tabungan di BPD dengan minimal saldo Rp1 juta.

BACA JUGA:  Oknum ASN Ditangkap Nyabu, Wali Kota Basri Rase Kecewa

Nantinya, besar atau kecilnya usaha tersebut akan mempengaruhi jumlah dana yang akan diberikan. Basri mengklaim, nilai paling tinggi berada di kisaran Rp10 juta.

“Range dana pinjaman kisaran dari Rp1 juta sampai Rp10 juta,” jelasnya.

Jika dalam setahun pelaku UMKM tidak berhasil mengembalikan uang tersebut, maka pihak bank yang akan melakukan penagihan. Kemudian, jika pihak bank merasa pelaku UMKM mengalami kesulitan saat proses pengembalian, maka akan diberikan sanksi.

BACA JUGA:  Hadiri Bimtek Bontang Siaga 112, Wawali Najirah Harap Peningkatan Kapasitas Operator Call Center

“Kemungkinan bank tidak lagi memberikan pinjaman setelah cicilan selesai atau memberikannya di tahun-tahun selanjutnya,” pungkasnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107