BACA JUGA:  Ngaku Sulit Tangkap Ikan, Nelayan di Balukukup Berau Pilih jualan Sabu

Viral, Buaya Muncul di Danau Labuan Cermin Berau

Berau – Heboh kemunculan seekor buaya di objek wisata Danau Labuan Cermin, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Buaya itu diduga muncul usai pagar pembatas di destinasi wisata itu terbuka.
<span;>Buaya itu muncul di Danau Labuan Cermin, Kecamatan Biduk-biduk pada Sabtu (19/8). Peristiwa itu terekam kamera ponsel warga yang videonya viral di media sosial.

“Iya ada, namanya juga binatang ya di alamnya, jadi begitu nggak ada aktivitas manusia, dia akan menampakkan diri karena dia merasa enggak ada orang di sekitarnya,” kata Camat Biduk-biduk Hasmawi, Rabu (23/8/2023) dikutip dari detikcom.

Hasmawi menduga buaya itu masuk usai pagar pembatas yang telah terpasang di jalur masuk danau terbuka. Namun dia tidak mengetahui pasti mengapa pagar pengaman itu dibuka dan sejak kapan.

BACA JUGA:  Pria di Kutim Ditemukan di Perut Buaya Usai Hilang 2 Hari

“Iya sudah dibuka (pagar pembatas), tapi saya kurang tahu kapan persis kapan dibuka, karena saat saya menjabat satu bulan lebih di Biduk, itu sudah dibuka,” terangnya.

Pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengevakuasi buaya tersebut. Pihaknya juga menginginkan agar pagar pembatas kembali ditutup.

“Ke depannya nanti dari BKSDA turun ke Biduk. Kami akan ada rapat malam Minggu ini bersama fokopimcam, pokdarwis, kemudian BUMD berkaitan dengan kita inginkan Labuan Cermin bisa dikunjungi merasa nyaman dan aman,” jelas Hasmawi.

BACA JUGA:  Gudang Miras Ilegal di Berau Digerebek, Polisi Sita 23.000 Botol

Sementara Kepala BKSDA Kaltim Ari Wibawanto mengatakan pihaknya akan turun tangan menangani persoalan itu. Ari menuturkan akan melakukan peninjauan lebih dulu ke lokasi.

“Iya rencananya kami ke sana Sabtu tanggal 26 (Agustus), nanti kita berangkat dengan tim gabungan berkoordinasi dengan pihak setempat,” jelas Ari.

Ari mengaku buaya itu tidak akan serta merta dievakuasi. Pihaknya akan melakukan kajian lebih dulu.

BACA JUGA:  Pj Gubernur Tegaskan Berau Masih Bagian dari Kaltim

“Belum (dievakuasi), kita harus kaji dulu, karena di sana kan di sana habitatnya, jadi kami harus komunikasikan dulu sama masyarakat untuk tindakan seperti apa ke depannya,” pungkasnya.

Diketahui, kemunculan buaya tersebut direkam oleh salah satu pengunjung Danau Labuan Cermin. Dalam video beredar, tampak dari jauh buaya tersebut sedang berenang.

Perekam video mengaku kemunculan buaya itu direkam pada 19 Agustus 2023. Buaya tersebut terlihat hendak masuk ke rawa-rawa.

“Penampakan buaya di Labuan Cermin,” ucap pria sebagaimana terdengar dalam video beredar.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107