BACA JUGA:  Minta Tambahan Kuota ke BAN, Disdikbud Kutim Dampingi Sekolah Raih Akreditasi

Tanamkan Pendidikan Agam Sejak Dini, Ribuan Anak di Kutim Ikut Manasik Haji

KUTIM – Sebagai upaya menanamkan pendidikan agama sejak dini, ribuan murid yang tergabung dalam sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dari Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan ikut pengenalan manasik haji yang dilaksanakan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Kegiatan tersebut dibuka langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Sarana Pengenalan Haji (SPH) Masjid Agung Al-Faruq, Bukit Pelangi, Kamis (27/7/2023) pagi.

Tampak hadir mendampingi Bupati Ardiansyah yakni Wabup Kasmidi Bulang, Bunda PAUD Kabupaten Kutim Siti Robiah, Staf Ahli Bupati Kutim Roma Malau dan Sulastin, Kadisdikbud Kutim Mulyono, perwakilan Forkopimda, Kemenag Kutim, Ketua IGTKI Kutim Marhaeda dan pendamping dari 45 lembaga TK se-Kecamatan Sangatta Utara-Sangatta Selatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa pengenalan manasik haji bagi anak-anak sangat penting. Oleh karenanya ia sangat mengapresiasi kegiatan manasik haji ini sebagai upaya menanamkan suatu ajaran Islam dalam hal ini rukun Islam kelima.

BACA JUGA:  Gencar Suarakan Penundaan Penghapusan Honorer, Bupati Kutim Apresiasi Isran Noor

“Pengenalan manasik haji ini sering kita adakan di Lapangan Town Hall Swarga Bara. Namun sekarang ini, kita sudah punya fasilitas maka kita lakukan di Masjid Agung Al-Faruq. Apalagi kita sudah punya sarana miniatur ka’bah untuk manasik haji dan umrah,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia meminta kepada Kepala Disdikbud Kutim untuk mengagendakan kegiatan manasik haji bagi siswa SD dan SMP. Ia juga meminta agar kegiatan tersebut juga rutin dilakukan guna mengajari anak-anak dalam mempersiapkan iman dan takwa sejak dini.

BACA JUGA:  Ribuan Umat Muslim Hadiri Tablig Akbar UAS, Minta Jaga Kedamaian NKRI

“Saya berharap anak-anak kita pada hari ini semua bergembira. Meskipun ada yang nangis mungkin karena berpisah dengan orang tuanya atau mau buang air kecil,” ucapnya.

Sementara itu, Kadisdikbud Kutim Mulyono menjelaskan bahwa kegiatan pengenalan manasik haji cilik ini sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kutim yaitu mewujudkan masyarakat yang berahlak mulia, berbudaya dan bersatu.

“Kesuksesan dunia pendidikan tidak akan bisa diselesaikan hanya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saja. Untuk itu, melalui program yang ada kami berusaha memaksimalkan dan menggerakkan semua mitra yang ada. Di antaranya dengan IGTKI yang melaksanakan kegiatan pada hari ini,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Kutim Siti Robiah berharap kepada para wali murid agar memberikan contoh-contoh yang baik tentang pengenalan haji di rumah.

BACA JUGA:  Hewan Kurban di Kutim Bersih dari Penyakit Kuku dan Mulut

“Mudah-mudahan dengan memberikan contoh kepada anak-anak kita. Nantinya bisa melaksanakan ibadah dengan baik sesuai dengan syariat dan ajaran agama Islam,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua IGTKI Kutim Marhaeda menyampaikan pelatihan manasik haji ini merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter peserta didik yang ada di lembaga IGTK. Diharapkan dari pelatihan manasik haji, anak-anak TK ini memiliki pengalaman langsung tentang rukun dan tata cara ibadah haji.

“Kegiatan ini diikuti oleh 42 lembaga TK dan 5 lembaga RA (Raudhatul Athfal) se-Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan. Diikuti 2.285 siswa, 307 guru dan 476 pendamping” singkatnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107