Satpol PP Bantu Dinsos Tangani ODGJ

Bontang – Tak hanya menegakkan Perda, dan fokus melaksanakan patroli dan razia penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) juga membantu Dinas Sosial dan menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Salah satunya, pada Rabu (4/8/2021) sekira pukul 15.40 Wita. Personel Satpol PP membantu melakukan pengamananan terhadap warga yang mengalami gangguan jiwa di wilayah Kelurahan Gunung Elai.

Pria itu dibawa oleh petugas Dinas Sosial dan dikawal oleh personel Satpol PP ke RSUD Taman Husada Bontang. Pasalnya petugas mendapat laporan dari warga sekitar, bahwa ODGJ tersebut mengamuk dan dikhawatirkan dapat membahayakan warga sekitar.

“Kami juga sudah pernah tangani orang yang sama ini tahun 2019 dan di bawa ke RSUD lalu ke rumah sakit jiwa di Samarinda, saya baru dapat kabar lagi kalau ternyata sudah kembali ke Bontang,” kata PPNS Satpol PP Basri.

Basri menjelaskan, ODGJ tersebut sudah dalam pengawasan dan penanganan Dissos-PM dalam hal ini LK3. Pihaknya hanya membantu pengamanan saja, mengingat dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Kalau untuk langkah selanjutnya apa, itu dari LK3 yang tahu, tetapi kalau dibutuhkan pengawalan kami selalu siap,” tutupnya. (adv/kominfo)