Satpol PP Bakal Awasi Penggalangan Dana

Bontang – Satpol PP bakal meningkatkan pengawasan terhadap semua kegiatan open donasi atau penggalangan dana di Bontang. Seluruh kegiatan serupa yang mengatasnamakan suatu lembaga harus memiliki izin dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos–PM).

Kepala Seksi (Kasi) Kerja Sama, Satpol PP Kota Bontang Pujianto mengatakan, memang belum ada ditemukan kasus yang mengatasnamakan suatu lembaga donasi

Sejauh ini melakukan patroli, belum ada menemukan seseorang dengan membawa kardus sumbangan dengan mengatasnamakan suatu lembaga donasi.

“Tapi kami patroli apakah berizin atau tidak,” ujarnya.

Biasanya kata Pujiatno, maraknya open donasi yang mengatasnamakan suatu lembaga, merupakan oknum yang memanfaatkan momentum bulan suci Ramadan.

“Kalau untuk kepentingan individu, dan pakai nama lembaga jelas melanggar, akan kami tindak,” katanya.

Berkaca dari pengalaman, diungkapkan Pujianto, pihaknya pernah mengamankan seorang pria yang membawa kardus sumbangan dengan alasan untuk pembangunan masjid.

Setelah diinterogasi, ternyata benar pria tersebut memang sedang menggalang dana untuk pembangunan masjid. Pihaknya pun menyarakan kepada pria itu untuk bisa melakukan pengurusan izin ke Dinsos–PM. “Setelah izin resmi keluar, masa berlakunya pun hanya 14 hari saja,” jelasnya. (adv/kominfo)