PMK Masuk Kaltim, Ternak di Bontang Dipastikan Aman

Bontang – Hewan ternak, baik sapi maupun kambing di Kota Bontang dipastikan masih aman dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal itu menyusul dengan temuan PMK yang sudah masuk di Kaltim, yakni di Kabupaten Paser.

Penanggung Jawab Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda Wilayah Kerja (Wilker) Bontang Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Rahmat menyebut, saat ini sapi dari wilayah zona merah tidak diperkenankan masuk ke Bontang.

“Sapi yang boleh masuk ke Bontang sekarang cuma dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Sulawesi sudah zona merah sekarang,” paparnya.

Sementara itu, Medik Veteriner Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, drh Riyono menjelaskan, sejauh ini kondisi sapi di Kota Bontang masih terbilang aman.

BACA JUGA:  Hewan Ternak di Paser Terindikasi PMK

Untuk vaksin sapi, pihaknya akan melakukannya dalam waktu dekat ini. Mengingat di Kabupaten Paser sudah ada ternak yang terinfeksi PMK.

“Bontang Insya Allah masih aman. Fokus vaksin di daerah yang terpapar dulu. Kemungkinan Paser itu hari rabu. Kami juga masih terus koordinasi ini untuk antisipasi seperti vaksin, biar enggak nyebar ke sini,” ucapnya.

drh Riyono mengaku, penyebaran PMK di Kaltim memang tidak bisa dihindari. Terutama karena provinsi tetangga sudah lebih dulu terpapar, seperti Kalteng dan Kalsel.

Apalagi jalur Kalteng menuju Kaltim memiliki jalan darat. “Kalau tidak lewat pengawasan pelabuhan memang sangat riskan paparannya,” tutupnya.

Sebelumnya, Dinas Pekebunan dan Peternakan (Disbunak)  Paser mengkonfirmasi, jumlah sapi ternak terpapar virus PMK di Kabupaten Paser mencapai 29 ekor.

BACA JUGA:  Ombudsman Duga Kementan Lakukan Malaadministrasi Penanganan PMK

Jumlah ini lebih banyak dari sebelumnya, yakni 17 ekor yang memiliki gejala. “Ya, hasil uji laboratorium dari Balai Veteriner (BVet) sudah keluar. Terdapat 29 ekor yang terpapar virus PMK,” kata Kepala Disbunak Paser Djoko Bawono.

Rencannya dalam waktu dekat segera dilakukan vaksinasi untuk ternak yang masih dalam keadaan sehat pada radius 10 kilometer dari pusat hewan yang terkena PMK.

%d blogger menyukai ini: