BACA JUGA:  Kadisdik Kutim Apresisasi Peran Serta Perusahaan Majukan Dunia Pendidikan

Pemkot Samarinda Kirim Tiga Mahasiswa Tempuh Pendidikan di Australia

Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman (Unmul) memberikan beasiswa kepada tiga mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan studi strata 2 di Adelaide University, Australia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda, Asli Nuryadin mengatakan program beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara Pemkot Samarinda dengan Kedutaan Besar Australia yang telah disepakati sebelumnya.

“Programnya sudah jalan, sebelumnya Wali Kota Samarinda bertemu dengan Kedutaan Besar Australia, dan menjalin kerja sama. Lalu, jatah sebenarnya ada 10 mahasiswa yang akan diberangkatkan nantinya,” ujarnya dikutip dari Antara.

Dari 10 mahasiswa tersebut, tiga di antaranya berasal dari Samarinda, sedangkan tujuh lainnya diambil oleh provinsi. Mereka akan mengikuti program double degree, yaitu satu tahun di Unmul dan satu tahun di Adelaide University.

BACA JUGA:  Pemprov Kaltim Komitmen Kembangkan Pendidikan Lewat Program Beasiswa

“Program ini diperuntukkan mahasiswa yang mengambil pascasarjana, yang nantinya mereka berkesempatan untuk meraih dua gelar akademik,” terangnya.

Pemkot Samarinda hanya membiayai kuliah satu tahun di Unmul, sedangkan untuk pembiayaan satu tahun di luar negeri akan ditanggung oleh negara bagian Australia.

Asli menambahkan, total beasiswa yang diberikan oleh Pemkot Samarinda untuk tiga mahasiswa tersebut adalah Rp115 juta. Ia berharap, program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan di Samarinda.

BACA JUGA:  Kadisdik Kutim Apresisasi Peran Serta Perusahaan Majukan Dunia Pendidikan

“Semoga mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan nantinya dapat memberikan kontribusi positif bagi Kota Samarinda, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan,” tuturnya.

Sementara itu, proses seleksi dan indikator mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Adelaide University, sepenuhnya dikelola oleh Universitas Mulawarman. Mulai dari kompetensi dalam bahasa Inggris, hingga aspek lainnya yang memenuhi syarat dalam penerimaan beasiswa.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5373

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107