BACA JUGA:  Soal Rencana Penarikan Retribusi Sampah, Basri: Itu Rekomendasi BPK

Pemkot Bontang Gelar Pelatihan Kompetensi untuk Tekan Angka Pengangguran

Bontang – Pemkot Bontang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) menggelar pelatihan berdasarkan unit kompetensi, Senin (22/4/2024).

Pelatihan yang mengusung tema “Pelatihan kerja untuk masa depan yang lebih baik” ini berlangsung di Auditorium 3 Dimensi dan diikuti sebanyak 632 peserta.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah yang membuka secara resmi pelatihan ini mengatakan, pembangunan suatu daerah pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Namun, besarnya kebutuhan dunia kerja akan tenaga kerja yang terdidik, memiliki kompetensi dan mampu mengimbangi kemajuan teknologi juga penting.

“Maka salah satu faktor penting yang tidak dapat diabaikan adalah menyangkut peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang profesionalisme. Kualitas SDM berkaitan erat dengan kualitas tenaga kerja yang mampu bersaing dalam perkembangan dunia kerja,” jelas Najirah.

BACA JUGA:  Wali Kota Basri Lantik Dewan Kesenian Bontang

Kata Najirah, kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi, dilaksanakan sebagai bentuk peran pemerintah dalam mengembangkan dan melindungi SDM. Hal ini sejalan dengan visi Kota Bontang yaitu terwujudnya Kota Bontang yang lebih hebat dan beradab.

“Serta sejalan dengan misi Kota Bontang yang berdaya saing dan sejahtera melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia” bebernya.

Najirah berpendapat, permasalahan ketenagakerjaan bukanlah persoalan pemerintah daerah semata. Namun, di negara-negara maju juga mengalami permasalahan tenaga kerja atau pengangguran.

BACA JUGA:  Basri Rase Harap Hipmi Tingkatkan Peluang Investasi di Bontang

Hal ini disebabkan oleh tingginya masyarakat yang bergantung pada ketersediaan lapangan kerja. Oleh karena itu, pola ini harus diubah. Masyarakat  harus bergegas untuk mengubah dirinya menjadi tenaga kerja yang handal dan mandiri.

“Insya Allah pemerintah daerah akan memfasilitasi dengan pemberian pelatihan seperti yang sedang dilakukan sekarang ini,” terang Najirah.

Ditegaskan Najirah, Pemkot Bontang tetap fokus dan konsisten dalam melakukan program-program yang bertujuan menyejahterakan masyarakat Kota Bontang. Pemerintah juga tidak henti-hentinya melaksanakan pembangunan fisik maupun peningkatan kualitas SDM Kota Bontang, guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal Bontang yang handal dan siap bersaing dengan tenaga kerja yang lain.

BACA JUGA:  Disdikbud Bontang Target Penyaluran Paket Seragam SD Rampung Akhir Agustus

“Cita-cita mulia itu hanya bisa dicapai dengan kerja keras. Seluruh komponen masyarakat harus terus meningkatkan kualitas kerja dan kinerja dengan sungguh-sungguh. Dengan harapan masyarakat Bontang bisa lebih sejahtera,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan ini merupakan kerjasama Disnaker dengan berbagai lembaga pelatihan di Bontang. Pelatihan peningkatan kompetensi ini terdiri dari 29 pelatihan. Dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional di bidangnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107