Lewat Ketinting, TP PKK Kelurahan Belimbing Ajak Warga Cintai Batik Lokal

Bontang – Sebagai upaya membangkitkan kecintaan terhadap batik Lokal, Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Belimbing menggelar acara Kelas Batik Mencanting (Ketinting), Jumat (01/07/2022).

Lurah Belimbing sekaligus Bunda PAUD kelurahan Belimbing Dwi Andriyani menyebutkan, acara yang diadakan di Gedung Koperasi PKT ini, akan diikuti anak-anak TK dan warga Kelurahan Belimbing serta masyarakat umum Kota Bontang, dengan kuota terbatas.

“Kami sudah mengundang beberapa tamu, seperti anak-anak TK Kelurahan Belimbing, dengan tetap memperhatikan kuota karena tempatnya terbatas. Namun, jika nantinya kami rasa peminatnya banyak, akan kami buka di luar daripada ini. Dari kelas awal sampai kelas akhir produksi, guna menanamkan rasa cinta batik sejak dini,” katanya.

BACA JUGA:  TP PKK Bontang Selatan Dukung Penilaian PHBS dan LBS di Berbas Tengah

Di samping itu, Dwi juga berharap lewat kegiatan ini bisa meningkatkan kecintaan warga terhadap budaya khas Indonesia, yaitu membatik.

“Agar lebih mencintai kebudayaan. Mungkin dalam proses belajar hari ini akan menimbulkan minat dan tidak menutup kemungkinan anak-anak nantinya akan berimajinasi untuk membuat karya membatik yang lebih menarik daripada ini,“ ujarnya.

Nurul Almu’min (25) selalu guru TK PAUD Terpadu Kuncup Melati, memaparkan kegiatan ini sangat menarik serta bermanfaat.

”Kegiatan ini sangat positif sekali ya, di mana anak-anak dapat berimajinasi sesuai kreatifitasnya. Biasanya menggambar di atas kertas, ini berlatih di atas kain dengan menggunakan canting. Bisa .elatih kesabaran serta melatih perkembangan motorik anak juga,” ungkapnya. (Adv)

%d blogger menyukai ini: