BACA JUGA:  KPU Kaltim Imbau Penyelenggara Pemilu Jaga Suara Rakyat

Lembaga Survei Asing Roy Morgan Prediksi Pilpres Dua Putaran

Selisik.id – Lembaga riset asing Roy Morgan memprediksi pemilihan presiden (Pilpres) RI akan berlangsung dua putaran.

Survei terbaru Roy Morgan menunjukkan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berada di urutan teratas pada pemilu yang berlangsung pada 14 Februari mendatang yakni dengan perolehan 46 persen, atau naik 3 persen poin sejak Desember 2023.

Survei dilakukan pada Januari 2024 terhadap 1.267 responden Indonesia berusia di atas 17 tahun.

Prabowo telah meningkatkan keunggulannya atas Anies Baswedan menjadi 15 persen poin dibandingkan pada Desember 2023 sebesar 13 persen poin.

BACA JUGA:  3.176 Surat Suara Rusak di Bontang Dimusnahkan

Ira Sukirman, direktur Roy Morgan Indonesia mengatakan, untuk memenangkan pemilu putaran pertama seorang calon presiden harus memperoleh lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama, dengan minimal 20 persen di separuh seluruh provinsi.

“Lonjakan suara yang diraih Prabowo selama beberapa bulan terakhir berarti ia sudah semakin dekat untuk meraih kemenangan pada putaran pertama,” kata Ira dalam keterangan tertulis di laman resmi Roy Morgan, Jumat (9/2).

Sementara itu, perolehan suara capres nomor urut 1 Anies Baswedan dengan 31 persen (naik 7 persen poin) dan kini diunggulkan untuk lolos ke posisi kedua, juga putaran kedua jika Prabowo gagal mencapai mayoritas.

BACA JUGA:  Kodim 0908 Bontang Ajak Media Jaga Kedamaian Jelang Pemilu

Di sisi lain, lembaga riset tersebut mencatat tampaknya peluang kemenangan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, yang diusung PDIP semakin kecil karena dukungan merosot tajam tahun ini menjadi hanya 23 persen.

Hanya 4 persen pemilih di Indonesia yang tidak dapat memilih kandidat mana pun atau mengatakan mereka tidak akan memilih dalam pilpres tahun ini.

Presiden Joko Widodo, yang memenangkan pemilu pada 2014 dan terpilih kembali lima tahun kemudian pada 2019, dibatasi masa jabatannya dan tidak dapat mencalonkan diri lagi pada tahun ini.

BACA JUGA:  Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Indeks Kerawanan Pemilu Kalimantan Timur Tinggi

Pemilu akan digelar pada 14 Februari 2024, dan pemilihan putaran kedua dijadwalkan empat bulan kemudian pada pertengahan Juni 2024 jika diperlukan.

Hari ini, Sabtu (10/1) adalah masa kampanye terakhir sebelum memasuki masa tenang.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin bakal menggelar kampanye akbar di Jakarta International Stadium, sementara paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran akan berkampanye di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

(CNNIndonesia.com)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107