BACA JUGA:  Mahfud MD Umumkan Mundur dari Kabinet, Surat Disetor ke Jokowi Besok

Dinkes Kaltim Siagakan Tim Medis Pantau Kesehatan dan Nutrisi KPPS

Samarinda – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Dinkes Kaltim) menyiagakan tim medis untuk memantau kondisi kesehatan dan nutrisi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari mendatang.

“Sesuai hasil rapat, kami akan melakukan beberapa langkah untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para pemilih dan penyelenggara pemilu,” kata Kepala Dinkes Kaltim Jaya Mualimin dikutip dari Antara, Selasa (13/2/2024).

Ia mengemukakan langkah yang dilakukan adalah petugas kesehatan akan keliling ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada mereka yang mengalami kelelahan, sakit atau cedera. Petugas medis dipersiapkan dari Puskesmas masing-masing wilayah.

BACA JUGA:  Pemilih di Kaltim pada Pemilu 2024 Capai 2,7 Juta Orang

Pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh petugas di TPS. Ada tim ahli gizi dan sanitasi untuk memeriksa kualitas dan kebersihan makanan.

Hal itu, lanjutnya, untuk menjamin nutrisi yang dikonsumsi oleh petugas KPPS agar tidak mengganggu kinerjanya pada saat pemungutan suara. Belajar dari pengalaman anggota KPPS yang keracunan makanan di Samarinda pada kegiatan bimbingan teknis beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:  3.176 Surat Suara Rusak di Bontang Dimusnahkan

“Kami menurunkan surat edaran yang disebar ke seluruh kabupaten dan kota tentang hal ini,” imbuhnya.

Jaya mengatakan untuk satu petugas kesehatan rata-rata mencakup lima sampai sepuluh TPS, tergantung pada kondisi dan kebutuhan di lapangan. Sistem ini lebih efektif daripada menempatkan satu petugas di setiap TPS di tengah keterbatasan tenaga kesehatan.

BACA JUGA:  Singgung Serangan Personal, Jokowi Sebut Debat Ketiga Pilpres Tidak Mengedukasi

Ia mengimbau kepada petugas KPPS untuk menjaga kesehatan diri, mengonsumsi makanan bergizi, minum air yang cukup, dan istirahat yang teratur.

Dengan adanya kesiagaan petugas medis ini, bisa membantu menjaga kesehatan dan keselamatan para pemilih dan penyelenggara pemilu.

Pihaknya telah menyusun rencana kerja yang komprehensif dan terintegrasi untuk mempersiapkan sektor kesehatan dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

“Kami juga berharap pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan sehat,” ucapnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107