Komisi III Minta Permakaman di Bontang Ditata Kembali

Anggota Komisi III DPRD Bontang Abdul Malik.

SELISIK.ID, Bontang – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Abd Malik meminta permakaman di Bontang bisa ditata kembali.

Hal tersebut diungkapkan politisi PKS ini usai rapat bersama rapat dengar pendapat (RDP) bersama Forum RT se-Kelurahan Gunung Telihan terkait Pemakaman Muslim, Senin (9/12).

Abdul Malik mengatakan permakaman secara umum di Bontang perlu di tata kembali, sesuai dengan perkembangan kota dan laju pertembahan penduduk.

Untuk lahan pemakaman ada beberapa titik yang bisa dikaji untuk penyiapannya yaitu di RT 26 Gunung Telihan atau lahan APL yang berada di Bontang Barat.

”Pembahasan tersebut menjadi program prioritas Perkim 2021,” pungkasnya.
Sementara, Ketua Forum RT Gunung Telihan M Joni Fauzi mengungkapkan saat ini ketersediaan permakaman Muslim selalu menjadi keluhan warga.

Sebab pemakaman yang ada di RT 26 merupakan tanah kawasan hutan lindung, yang sewaktu-waktu tentu bisa menjadi persoalan jika terus digunakan.

“BIla warga Muslim di Bontang Barat ada yang meninggal akan dikebumikan di pisangan dan kilometer 5 yang secara administrasi sudah memasuki kawasan Kutai Timur,” ujarnya.

Joni pun mengusulkan agar DPRD dan pemerintah segera menyiapkan lahan permakaman muslim yang refresentatif, terlebih saat ini permakaman yang ada di Loktuan, Pisangan dan Bontang Kuala, sudah sangat sempit.

”Jadi jika bisa kita memiliki lahan pemakaman sendiri, bukan hanya untuk warga Bontang Barat namun ke depannya bisa untuk seluruh warga Kota Bontang apa lagi selama ini untuk Gunung, Telihan belum memiliki permakaman khusus untuk warga muslim,” harapnya. (adv/ver)