BACA JUGA:  Harga Telur di Bontang Meroket Tembus Rp67 Ribu per Piring

Kaltim Terapkan Sistem Peringatan Dini Deteksi Harga Pangan

Samarinda – Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) menyebutkan bahwa pihaknya menerapkan sistem peringatan dini (early warning system) guna mendeteksi tren harga pangan di pasar lokal.

“Langkah tersebut diambil untuk mengatasi masalah inflasi yang rentan terjadi menjelang Lebaran Idulfitri,” ujar Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik usai menghadiri Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan yang digelar Bank Indonesia di Samarinda, Rabu (27/3) dikutip dari Antara.

Melalui sistem peringatan dini, katanya, jika dalam dua minggu terjadi tren kenaikan harga secara signifikan, maka bisa segera mengambil tindakan untuk mengintervensi harga pangan di pasar.

BACA JUGA:  Harga Sejumlah Komoditas Pangan di Kaltim Naik

Akmal Malik menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pemangku kepentingan dalam mengatasi inflasi dan ketahanan pangan di daerah.

“Upaya pengendalian inflasi harus melibatkan semua tingkatan pemerintahan, dari pusat hingga level desa dan berkolaborasi dengan lembaga sektor terkait,” tutur Akmal Malik.

Hal tersebut, imbuhnya, karena penyelesaian ketersediaan pangan dan regulasi yang berdampak tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah pusat, provinsi, atau kabupaten saja.

BACA JUGA:  Harga Telur di Bontang Tembus Rp68 Ribu, Pedagang: Tertinggi dalam 5 Tahun

“Kita membutuhkan kerja sama yang erat antara Bulog, distributor, dan agen-agen yang bertanggung jawab dalam distribusi kebutuhan pangan,” tandas Akmal Malik.

Pj Gubernur juga menyatakan pembukaan toko penyeimbang di Pasar Segiri Samarinda awal Maret lalu sebagai suatu terobosan untuk menjaga stabilitas harga pangan.

“Selain Samarinda, kami juga segera menyiapkan toko penyeimbang di Kabupaten Berau dan Penajam Paser Utara,” tuturnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107