BACA JUGA:  Gubernur Kaltim Komitmen Tak Hapus Tenaga Honorer

Kaltim Bakal Jadi Pusat Ekonomi Indonesia Timur

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) terus mempersiapkan diri menatap transformasi ekonomi dan energi menuju pusat pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur.

“Kalau kita mampu melakukan transformasi ekonomi dan energi. Maka, diyakini tren ekonomi Kaltim terus tumbuh signifikan,” kata Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni, Sabtu (6/1) dikutip dari Antara.

Sri Wahyuni menegaskan tahun 2024 ini merupakan tahun yang istimewa bagi pemerintah daerah maupun masyarakat Kaltim.

BACA JUGA:  Gubernur Kaltim Komitmen Tak Hapus Tenaga Honorer

Sebab, Provinsi Kaltim kembali menerima dana karbon dari Bank Dunia, ditambah dana bagi hasil (DBH) kelapa sawit.

Bahkan, kapasitas pendapatan (fiskal) Kaltim pun melebihi dana transfer. Tak terkecuali yang lebih istimewa lagi adalah berbagai kegiatan digelar Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dengan berbagai prestasi dan keistimewaan itu menjadikan Provinsi Kaltim sebagai pusat peradaban baru. Pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia Timur,” ucap Sri Wahyuni.

BACA JUGA:  Penyumbang Tertinggi PDRB Kaltim Berasal dari Sektor Pertambangan dan Penggalian

Sebagai langkah maju menuju sentra pertumbuhan ekonomi, menurut dia, Kaltim sudah menyiapkan strategi desain besar transformasi ekonomi dan energi.

Ke depannya, semakin berkurang ketergantungan daerah dari eksploitasi sumber daya alam yang tidak terbarukan. Di mana, transformasi ekonomi diperkuat dengan program hilirisasi industri dan menyiapkan pasar-pasar baru bagi UMKM.

“Bahkan, desainnya bisa bekerjasama dengan lembaga internasional,” katanya.

BACA JUGA:  Industri Kimia Catat Realisasi Investasi Terbesar di Kaltim

Saat ini, lanjut Sri Wahyuni Pemerintah daerah terus membangun literasi dan kesadaran masyarakat agar pengembangan energi baru terbarukan bisa didukung oleh semua pihak.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107