BACA JUGA:  Wakil Wali Kota Bontang Najirah Buka Sosialisasi Sipgar

Harkitnas Ke-115, Wawali Najirah Ajak Bangkit Wujudkan Indonesia Emas 2045

Bontang – Pemkot Bontang menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, di halaman parkir kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Senin (22/5/2023).

Jalannya upacara dipimpin Wakil Wali Kota Bontang, Najirah selaku inspektur upacara. Sekaligus membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI.

Dalam sambutannya Wawali Najirah mengatakan, Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan bersatunya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan 115 tahun yang lalu, tepatnya 22 Mei 1908. Beodi Oetomo berhasil mewujudkan butir Pancasila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan.

BACA JUGA:  Mutasi Pegawai Pemkot Bontang Diundur Habis Lebaran

“Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak mengobarkan api semangat. Untuk bangkit demi mewujudkan indonesia emas 2045,” sebutnya.

Pada 5 mei lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status public health emergency of international concern (pheic) atau darurat kesehatan global untuk covid-19 secara resmi dicabut. Patut disyukuri, karena dunia telah melalui krisis pandemi covid-19.

Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

BACA JUGA:  Tiga Ribu Peserta Ramaikan Bontang City Carnival 2023, Beragam Kebudayaan Ditampilkan

“Hari kebangkitan nasional ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” kata dia.

Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga dimaknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan.

BACA JUGA:  Lantik 102 Pegawai, Basri Rase Minta Profesionalitas dalam Melayani Masyarakat

Olehnya, pemerintah mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.

Pemerintah ingin agar bara api semangat kebangkitan yang telah dijaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak.

“Selamat memaknai dan memperingati hari kebangkitan nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” pungkasnya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107