Gara-gara Ulat Bulu, Taman Bebaya Samarinda Ditutup Sementara

Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akhirnya menutup sementara Taman Bebaya per Selasa (7/11/2023).

Penutupan sementara fasilitas publik tersebut merupakan imbas dari serangan hama ulat bulu yang tak kunjung hilang sejak tiga minggu belakangan.

Penutupan ini ditandai dengan adanya spanduk bertuliskan ‘TAMAN INI DITUTUP SEMENTARA’ yang terpasang di depan taman yang berada di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sungai Kunjang tersebut.

Ditemui Tribunkaltim.co siang ini, Petugas Lapangan DLH Andi (30) mengatakan taman tersebut telah diinstruksikan ditutup sejak Pukul 10.00 Wita.

Meski begitu, sedari pagi dikatakannya belum ada kegiatan penyemprotan insektisida atau cairan pembunuh serangga lanjutan oleh DLH.

“Tapi yang jelas DLH minta agar tidak ada orang masuk untuk sementara waktu,” kata Andi.

Kendati demikian, ia mengtakan pagi tadi masih ada sejumlah warga yang datang untuk berolahraga.

“Tapi kalau ada yang memaksa masuk, kami imbau menghindari area tepian taman. Karena kan buat keamanan mereka juga. Rata-rata mendengar saja,” sambung Andi.

Sementara itu, dikonfirmasi petang ini, Kepala DLH Samarinda Endang Liansyah membenarkan Taman Bebaya ditutup untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

Ia mengatakan hal itu dilakukan sebab mereka baru saja melakukan penyemprotan insektisida ulang untuk membasmi ulat bulu tersebut.

“Jadi kita melakukan sterilisasi area sementara waktu,” sebutnya.

Disinggung mengenai kapan taman tersebut akan dibuka kembali, pihaknya masih akan lebih dulu melihat situasi di lapangan pasca penyemprotan dan steriliasi area tersebut.

“Kalau hasilnya bagus dan sudah aman, Kamis atau Jumat sudah bisa dibuka. Tapi kalau tidak ada perubahan signifikan, penutupan bisa diperpanjang,” tutup Endang Liansyah.

(TribunKaltim.co)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107