BACA JUGA:  Sholat Iduladha di Masjid Al Hijrah, Basri Ajak Tingkatkan Kepekaan dan Solidaritas Antar Sesama

BPBD Bontang Imbau Warga Perhatikan Kontur Tanah saat Bangun Rumah untuk Cegah Longsor

Bontang – Peristiwa tanah longsor yang kerap terjadi di Kota Bontang, khususnya saat musim penghujan mendapatkan perhatian serius dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang.

Kepala BPBD Bontang melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Bontang, Ambosaka menyampaikan, bencana lonsor kerap menimpa di kawasan yang kontur tanahnya perbukitan atau tebing. Hal itu kerap terjadi pada musim penghujan. Untuk itu, pihaknya mengimbau warga yang tinggal di daerah tersebut untuk selalu waspada.

BACA JUGA:  Buka Turnamen Bola Voli IKBNTT Cup 2, Wawali Najirah Harap Lahirkan Bibit Atlet Profesional

“Ada beberapa kelurahan rawan longsor yakni Gunung Elai, Belimbing dan Loktuan,” katanya saat ditemui, Selasa (20/6/2023).

Meski begitu, kata Ambosaka, apabila mendapatkan laporan terkait kejadian longsor pihaknya langsung terjun ke lokasi dan memberikan penanganan dan edukasi agar tidak beraktifitas di lokasi tersebut. Sehingga bisa menghindari adanya korban.

“Kami langsung evakuasi. Setelah itu berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan perbaikan ataupun lainnya,” bebernya.

BACA JUGA:  Ekspose Laporan Awal RPJPD Bontang 2024-2045, Basri: Jangan Anggap Remeh

Dirinya pun mengimbau kepada warga agar dalam membangun rumah ataupun bangunan lainnya harus melihat struktur tanah. Sehingga terhindar dari musibah longsor.

“Dalam membangun, harus memenuhi syarat konstruksi. Karena rumah kokoh pasti baik juga. Dan terpenting, kalau daerah itu rawan longsor segera cari tempat lainnya. Sehingga terhindar dari bahaya,” tutupnya.

Untuk diketahui, BPBD Bontang terus melakukan pemetaan wilayah rawan bencana. Bahkan melakukan sosialiasi pencegahan mulai dari RT hingga Kecamatan. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107