BACA JUGA:  Butuh Anggaran Besar, Kutim Butuh Dukungan Bangun Infrastruktur TIK

Bantu Petani, Pemkab Kutim Bangun 4 Unit Lumbung Padi dan Lantai Jemur

KUTIM – Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur (Kutim) telah membangun empat unit lumbung pangan beserta lantai jemur yang tersebar di beberapa kecamatan.

Pembangunan lumbung dan lantai jemur merupakan hasil usulan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani lewat pengajuan proposal.

“Dari kelompok tani mereka ajukan proposal pembuatan lumbung dan lantai jemur setelah itu baru kita eksekusi,” kata  Kepala Bidang (Kabid) Distribusi, Dinas Ketahanan Pangan Kutim, Gupiansyah.

BACA JUGA:  Laporan Pertanggungjawaban APBD Kutim 2022 Sah Jadi Perda

Dinas Ketahanan Pangan berupaya agar hasil pertanian masyarakat bisa bertahan lama dan mengantisipasi kehabisan stok pangan dengan dibangun tempat penyimpanan.

Kemudian, tempat penyimpanan yang disebut lumbung dibangun di beberapa lokasi yang surplus hasil padi seperti di Kecamatan Kaubun dan beberapa wilayah defisit hasil padi untuk penyimpanan cadangan pangan sementara.

Selanjutnya, lumbung dibangun berukuran 10×5 meter sekaligus di sisi sampingnya dibangun lantai jemur menghabiskan anggaran hanya Rp 80 juta.

BACA JUGA:  Kasmidi Serahkan Bantuan Penunjang IPSI, Minta Jadi Pemicu Semangat Atlet

Masyarakat bisa mengeringkan dahulu hasil panennya kemudian disimpan dalam lumbung, sebab padi atau hasil pertanian lainnya dengan kadar air akan ditumbuhi jamur dan membusuk.

“Kalau padi kadar air harus 13 persen, kalau lebih itu tidak bisa,” tegasnya.

Gupiansyah menambahkan, terkait penambahan jumlah lumbung dan lantai jemur,  pihaknya siap memfasilitasi sepanjang Dinas Ketahanan Pangan memiliki anggaran yang cukup.

BACA JUGA:  Tinjau Lapangan, Bupati Pastikan Peningkatan Infrastruktur di Teluk Pandan Berjalan Bertahap

Pihaknya mengajukan penambahan pembangunan lumbung di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023. “Ya kami selalu ajukan untuk penambahan tapi tergantung anggarannya, kalau ada kami siap membangun,” bebernya. (Adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107