Andi Faiz Minta Pemkot Gerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Pedagang Pasar

Bontang – Pedagang Pasar Citra Mas Loktuan yang menjadi korban kebakaran Februari lalu mulai meradang. Pasanya, hingga kini bantuan yang dijanjikan Pemkot Bontang tak kunjung disalurkan.

Hal ini pun disorot Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam. Dia meminta pemerintah segera menunaikan janji tersebut.

“Sudah berkali-kali saya minta ke dinas terkait, gerak cepat,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan tersebut sangat bernilai bagi mereka. Tujuannya pun jelas.

Jika masuk dalam daftar pagu anggaran melalui APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) sudah selayaknya bansos itu disalurkan.

“Yang penting sudah ada porsi anggarannya, saya minta jangan ditunda tunda,” imbuhnya.

Menurutnya, jika kemauan pemkot kuat, maka upaya penyaluran bantuan dapat direalisasikan lebih cepat. Menurutnya, jika pemerintah ragu dan khawatir bantuan tersebut akan menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Maka dia menyarankan agar meminta pendampingan dengan Inspektorat maupun BPK untuk dilakukan peninjauan.

“Boleh minta kajian, tapi ya harus tetap bergerak,” tandasnya.

Sebelumnya, ratusan pedagang dijanjikan akan mendapat santunan sebesar Rp 5 juta. Namun, sampai sekarang bantuan itu tak kunjung disalurkan lantaran pemkot masih terkendala aturan dan teknis pembagian. “Masih dikaji, tidak bisa disamaratakan, jangan sampai niat baik, tapi berujung masalah di kemudian hari,” tandas Plh Wali Kota Aji Erlynawati. (*)