BACA JUGA:  Polda Kaltim Ungkap 6 Kasus TPPO, Korban Dijadikan Pekerja Seks

16 Korban TPPO di Kaltim Dijadikan PSK

Balikpapan – Polisi menangkap 26 tersangka dan menyelamatkan 29 korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Seluruhnya adalah hasil dari gerakan Satuan Tugas (Satgas) TPPO Polda Kaltim dan polres-polres di kabupaten-kota se Kaltim.

”Sejak terbentuk pada 5 Juni lalu, kami bergerak cepat di seluruh kabupaten dan kota di Kaltim. Hasilnya, hanya di Polres Mahakam Ulu yang nihil kasus,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo, dikutip dari Antara.

Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi daerah dengan temuan kasus tertinggi yakni lima kasus, kemudian Paser dengan 4 kasus.

BACA JUGA:  Polda Kaltim Ungkap 6 Kasus TPPO, Korban Dijadikan Pekerja Seks

“Seluruh kasus TPPO yang berhasil diungkap merupakan kasus perdagangan perempuan dan anak. Sebanyak 16 orang di antaranya dijadikan sebagai pekerja seks komersial,” urai Kombes Yusuf.

Kemudian, bila dihitung dari jumlah korban, ada tujuh orang dari Kutai Barat dengan empat di antaranya di bawah umur.

Dari seluruh kasus yang berhasil diungkap itu, polisi menemukan seluruhnya merupakan kejahatan sendiri-sendiri, bukan kejahatan terorganisasi dan menjadi bagian dari sindikat perdagangan orang.

BACA JUGA:  Warga Banjarmasin Tega Jual Istri Sendiri di Samarinda

”Para pelakunya muncikari yang mencari orang untuk dieksploitasi. Semuanya sudah kami tangkap dan kini berstatus tersangka,” kata Kombes Yusuf.

Para muncikari itu menjanjikan para korban untuk bisa bekerja di rumah makan sebagai pramusaji ataupun di rumah tangga sebagai asisten rumah tangga.

Pada kesempatan yang sama Kepala Sub Direktorat Remaja Anak dan Wanita Direktorat Reserse Kriminal Umum (Kasubdit Renakta Direskrimum) Polda Kaltim Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teguh Nugroho menyampaikan, Satgas TPPO juga melakukan tindakan pencegahan terutama untuk menekan jumlah korban.

BACA JUGA:  Jual Teman Rp1,3 Juta Sekali Kencan, Wanita di Balikpapan Ditangkap

”Kami terus melakukan pendataan, antara lain kepada para pekerja migran asal Kaltim di luar negeri. Sejauh ini kami menemukan mereka semua dalam kondisi baik,” ungkap Teguh.

Teguh juga minta masyarakat berperan aktif jika menemukan kasus tindak pidana perdagangan orang di lingkungan sekitarnya.

“Laporkan pada kami dan polisi akan segera bertindak,” kata Teguh. 

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107