BACA JUGA:  Wartawan AFP Tewas Tertembak Roket di Ukraina

Yuda Almerio dan Arsyad Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Samarinda Periode 2024-2027

Samarinda – Pasangan Yudha Almerio dan Muh Arsyad Mustar terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Samarinda periode 2024-2027. Keduanya terpilih dalam Konferensi Kota (Konferta) II AJI Samarinda yang digelar di Zoom Hotel Samarinda, Minggu (7/7/2024) sore.

Yudha-Arsyad menggantikan duet pasangan ketua dan sekretaris periode sebelumnya, Noffiyatul C dan Fitri Wahyuningsih. Diketahui, Yudha Almerio adalah kontributor CNNIndonesia.com di Kalimantan Timur, sementara Arsyad Mustar merupakan pemimpin redaksi (pemred) media siber yang berbasis di Bontang, Longtime.id.

Pasangan Yudha-Arsyad terpilih secara aklamasi dalam Konferta luring perdana bagi AJI Samarinda ini. Dalam kegiatan yang juga dirangkai dengan pra-konferta pada Sabtu (6/7/2024) ini, turut dihadiri Ketua Bidang Organisasi AJI Indonesia, Ramond Epu.

BACA JUGA:  ICW dan AJI Beri Nilai Buruk untuk Penindakan Kasus Korupsi di Kaltim Tahun 2022

Usai ditetapkan sebagai ketua terpilih, Yudha Almerio mengucapkan terima kasih dan merasa terhormat atas kepercayaan anggota yang diberikan. Menurutnya, banyak anggota juga layak dan potensial mengemban tanggung jawab besar ini.

“Sebenarnya banyak teman-teman layak menjadi ketua. Tapi untuk kepercayaan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih,” sebut Yudha usai dikukuhkan sebagai ketua.

Yudha berharap, di bawah kepengurusannya, seluruh anggota turut mendukung dan aktif terlibat dalam kegiatan organisasi. Anggota, sebutnya, menjadi denyut nadi organisasi.

“Kami berharap kawan-kawan ikut membantu kami dalam menjalankan roda organisasi,” tegas mantan Koordinator Divisi Pendidikan AJI Samarinda ini.

Sekretaris AJI Samarinda terpilih, Muh Arsyad Mustar mengatakan dirinya merasa terhormat atas kepercayaan diberikan. Menurutnya ini adalah amanah besar, sebisa mungkin ia menjalanlan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.

BACA JUGA:  ICW Berharap SAKTI Kaltim Lahirkan Jurnalis Invesigatif Andal

“Terima kasih kawan-kawan atas amanah yang diberikan. Mari sama-sama membersarkan nama AJI melalui program yang nantinya disusun kepengurusan baru,” katanya.

Sementara itu, koordinator Divisi Organisasi AJI Indonesia, Ramond Epu, menyampaikan pesan dari Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI Indonesia. Ramond bilang, tantangan ke depan tidak akan mudah bagi AJI. Pasalnya, indeks demokrasi Indonesia tengah turun. Belum lagi track record pemimpin terpilih cukup buruk terhadap media massa.

Dia juga menggarisbawahi terkait kondisi kebebebasan pers di Indonesia. Kekerasan terhadap jurnalis masih kerap terjadi. Dan teranyar, pembakaran rumah yang menyebabkan jurnalis dan keluarganya di Karo, Sumatera Utara, meninggal dunia.

BACA JUGA:  Tanggapan TNI AD soal Dugaan Anggota Terlibat Kasus Kebakaran Rumah Wartawan di Sumut

“Tapi jangan takut. Semua harus kompak dan membangun kekuatan bersama,” ujarnya.

Terakhir, dia menegaskan bahwa anggota AJI mesti saling mengingatkan dan benar-benar menjaga nilai-nilai ke-AJI-an. Seperti menjaga independensi. Jangan sampai ada anggota AJI terlibat dalam politik praktis atau ikut-ikutan menjadi timses dalam Pilkada.

“Jangan sampai ngomong independensi, etika, tapi di lapangan anggota justru tidak seperti itu. Jadikan AJI dan nilai-nilai ke-AJI-an ini pembeda dari organisasi lain,” tandasnya.

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107