Wujudkan UMK Tangguh Pasca Pandemi, PKT Fasilitasi Promosi Produk Mitra Binaan di Bontang City Expo 2022

Bontang – Optimalkan pembinaan dalam mendorong usaha mikro kecil (UMK) lebih maju dan berdaya saing, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) fasilitasi promosi sejumlah produk UMK Binaan pada ajang Bontang City Expo 2022, yang berlangsung di wahana Lembah Permai Kota Bontang, pada 28 Mei hingga 11 Juni 2022.

Beberapa produk UMK yang kali ini difasilitasi diantaranya hasil produksi usaha binaan yang tergabung dalam Galeri Mitra PKT, seperti makanan kering olahan dari UMK Gus Faqih, madu dan akar bajakah Kalawit, aneka kerajinan manik-manik khas Kaltim hingga batik Kuntul Perak. Selain itu PKT juga fasilitasi para peserta pelatihan barista dari pemuda Bontang, agar dapat mengimplementasikan keahlian dan kemampuan meracik berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi, sesuai bekal pengetahuan yang didapat selama pelatihan.

VP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PKT Anggono Wijaya, mengatakan hal ini wujud kesinambungan pembinaan PKT bagi usaha masyarakat di sektor ekonomi kreatif, sesuai misi PKT dalam mewujudkan UMK tangguh pasca pandemi. Disamping juga bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kota Bontang, yang didorong mampu menciptakan lapangan usaha mandiri melalui bekal keterampilan yang diberikan.

“Tidak hanya UMK Binaan yang telah memiliki produk kami fasilitasi, tapi juga peserta pelatihan yang kita siapkan untuk mendorong terciptanya peluang ekonomi dengan melihat potensi pasar selama expo berlangsung,” ujar Anggono.

Dijelaskan Anggono, PKT rutin memfasilitasi UMK binaan pada kegiatan expo atau pameran berskala lokal hingga Nasional, agar produk yang dihasilkan makin dikenal luas serta dapat menambah jaringan penjualan ke berbagai daerah. Hal ini pun diharap terus mendorong peningkatan daya saing usaha mitra binaan, sehingga lebih berkembang dan mandiri secara ekonomi.

“Setiap ada agenda yang bisa dijadikan sarana promosi, kami akan ikut sertakan UMK Binaan untuk lebih mengenalkan usahanya ke masyarakat. Melalui kesinambungan pendampingan dan promosi, kami yakin usaha UMK binaan dapat menembus pangsa pasar yang lebih luas,” tutur Anggono.

Mitra binaan PKT.

Rodliyah, UMK Binaan PKT dari usaha makanan kering Gus Faqih, menyampaikan apresiasi dan terima kasih telah difasilitasi PKT untuk mempromosikan produknya pada Bontang City Expo 2022. Menurut Rodliyah, kegiatan seperti ini sangat membantu mitra binaan agar lebih dikenal masyarakat, utamanya agar sektor penjualan juga meningkat.

“Kami sering diikutkan PKT pada pameran maupun festival seperti ini, sehingga bisa mendapat pelanggan baru dan usaha pun makin dikenal,” ucap Rodliyah.

Diakuinya, sejak menjadi mitra binaan PKT pada 2012 lalu, perkembangan usaha yang dia jalani jauh lebih signifikan karena PKT tak hanya memberikan bantuan berupa permodalan, tapi juga pengembangan kapasitas pelaku usaha melalui berbagai pendampingan seperti pelatihan manajemen pemasaran dan keuangan, hingga proses produksi yang lebih higienis.

Rodliyah berharap pembinaan dan pendampingan terus diberikan PKT, utamanya pengembangan kapasitas SDM agar mampu mengembangkan usaha dengan lebih baik. Terlebih lini usahanya kini mulai merambah ke ranah batik tulis, sehingga sarana promosi dan manajerial sangat dibutuhkan agar produk barunya dengan nama Batik Terumbu Karang ini mulai dikenal publik.

“Pendampingan dan pembinaan yang selama ini dilakukan PKT bagi mitra binaan jelas sangat membantu serta dirasakan manfaatnya. Apalagi biasanya kami terkendala di manajerial usaha, dan ini dibekali dengan baik oleh PKT bagi seluruh mitra binaannya,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Addawiyah, salah satu peserta pelatihan barista yang turut memeriahkan stand mitra binaan PKT di Bontang City Expo 2022. Dirinya mengatakan bekal keterampilan yang didapat selama pelatihan sangat bermanfaat, khususnya untuk penciptaan lapangan usaha mandiri bagi para pemuda Bontang di sektor ekonomi kreatif.

Kedepan, dirinya dengan beberapa rekan sesama pelatihan barista berencana untuk membuka usaha bersama, yang diharap dapat turut didukung PKT melalui kesinambungan pembinaan. Apalagi selama expo berjalan, berbagai jenis minuman berbahan dasar kopi hasil racikan mereka mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat. “Harapan kami bisa terus dibina dan didukung PKT, agar para pemuda Bontang lebih berdaya guna mencapai kemandirian dari usaha yang nantinya kami jalani,” harap Addawiyah.(*)

%d blogger menyukai ini: