Video Viral Diduga Tumpukan Uang di Rumah Ferdy Sambo Disebut Hoaks

Selisik.id – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut video viral yang diduga menunjukkan tumpukan uang tunai dolar AS di rumah Ferdy Sambo hoaks.

“Tidak benar, itu hoaks,” kata Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Agustus 2022.

Namun demikian Dedi mengatakan, pihaknya akan mendalami kebenaran video viral tersebut, termasuk pihak yang menyebarkan informasi tersebut.

“Sedang didalami Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber),” ujar Dedi dikutip dari Tempo.co.

Video yang diunggah Twitter @Miss_warawiri memperlihatkan tumpukan mata uang dolar AS bergambar Benjamin Franklin di dalam koper berwarna perak.

Sebelumnya, kabar temuan uang Rp900 miliar di rumah Ferdy Sambo sempat berembus di media sosial. Uang itu disebut ditemukan penyidik saat tim khusus polri menggeledah rumah Ferdy Sambo pada Selasa, 9 Agustus lalu.

BACA JUGA:  Komnas HAM Temukan Dugaan Kekerasan Seksual di Magelang

Timsus disebut menemukan uang ratusan miliar rupiah dalam penggeledahan rumah di Jalan Bangka XI. Anggota Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto menyatakan, bahwa uang itu sedang didalami asal usulnya.

“Itu bukan menemukan, melainkan diperkirakan sudah ada di situ. Kami sedang mendalami. Jadi, kami belum bisa memberi keterangan lebih mengenai hal itu,” ujar Albertus dilansir dari Koran Tempo, Rabu, (17/08/2022) lalu.

Albertus enggan mendetailkan informasi tersebut. Sumber Tempo menyebutkan, bahwa uang tersebut dalam pecahan dolar Singapura.

Temuan uang itu membuat harta kekayaan Ferdy Sambo semakin menjadi sorotan. Sebelumnya, mantan pengacara Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E, Deolipa Yumara, sempat menyatakan bahwa kliennya diiming-imingi Ferdy uang Rp1 miliar agar mau mengaku sebagai penembak Yosua. Selain itu, Ferdy juga mengiming-imingi dua tersangka lainnya, Brigadir Ricky Rizal dan Kuat Maruf uang sebesar masing-masing Rp500 juta.

BACA JUGA:  Polisi Tembak Polisi Terjadi di Lampung

“Itu kan omongannya si Richard, di BAP juga ada itu (diiming-imingi uang). Totalnya Rp2 miliar, Bharada E Rp1 miliar, Ricky Rp500 juta, Kuat Rp500 juta,” ujar Deolipa.

Hingga saat ini, berapa jumlah kekayaan Ferdy Sambo tak diketahui persis. Pasalnya, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)-nya tak muncul di situs Komisi Pemberantasan Korupsi.

%d blogger menyukai ini: