BACA JUGA:  Bagi-Bagi Bingkisan dan Uang Tunai di Puncak Peringatan HAN, Wabup Motivasi Siswa

Tumbuhkan Kreativitas, Bupati Kutim Apreasiasi Gelaran Lomba Masak Serba Ikan

KUTIM – Sebanyak 17 kecamatan yang berada di wilayah Kutai Timur (Kutim), kecuali Kecamatan Bengalon, mengikuti Lomba Masak Serba Ikan garapan Dinas Perikanan (Diskan) Kutim di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Senin (21/08/2023). Kegiatan lomba ini terdiri dari 3 kategori, yakni menu keluarga, menu balita dan menu kudapan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang menjelaskan bahwa ikan memiliki manfaat yang besar. Contohnya, seperti sebagai sumber protein utama bagi anak-anak, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Saya yakin sekali, anak-anak kita suka makan ikan, malahan sangat suka. Hanya persoalannya bagaimana ikan yang disajikan itu mampu untuk memberikan pendampingan perkembangan kepribadian mereka, baik secara pola pikir atau mungkin secara fisik,” papar Bupati Ardiansyah.

BACA JUGA:  4 Proyek Jalan Kutim Dilelang Ulang, Maksimalkan Efisiensi Anggaran

Lebih jauh, orang nomor satu di Kutim ini mengatakan ikan tidak memiliki banyak dampak buruk, kecuali beberapa ikan yang memang mengandung kolesterol cukup tinggi. Oleh sebab itu, menurutnya, perlu dilakukannya sosialisasi lebih lanjut agar masyarakat mengetahui jenis-jenis ikan apa saja yang aman dikonsumsi sehari-hari.

“Selain itu, yang tidak kalah penting adalah bagaimana inovasi daripada masakan ikan itu. Sehingga memiliki daya tarik, belum ada sajian-sajian warung yang mengkhususkan dari ikan, saya kira inovasi yang dibuat dari Tim Penggerak PKK masing-masing kecamatan hari ini. Begitu pulang, silahkan ke warung-warung yang kira-kira mereka mencoba menyajikan makanan serba ikan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Buka Bazar UMKM di Sangkulirang, Ardiansyah: Momentum Angkat Ekonomi Rakyat

Senada dengan Bupati Ardiansyah, Kepala Dinas Perikanan Suriansyah menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan acara ini bukan hanya untuk memperkenalkan kreasi kuliner berbahan baku ikan, tetapi juga untuk menyebarkan informasi tentang manfaat dan pentingnya mengkonsumsi ikan.

“Sedangkan untuk bahan baku yang digunakan selain ikan adalah udang, terutama udang yang berasal dari potensi masing-masing kecamatan. Dan untuk peserta yang mendapatkan juara umum pada hari ini akan mewakili Kabupaten Kutai Timur pada lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda,” tutupnya.

BACA JUGA:  Lapas Bakal Dibangun di Kutim, Pemkab Sudah Siapkan Lahan

Turut menemani Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, acara ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kutim Yuriansyah, Ketua TP PKK Kutim Ny Siti Robiah, Camat Sangatta Utara Hasdiah Dohi, Camat Muara Wahau Marlianto, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan tamu undangan lainnya. (adv)

You might also like

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/selisikks/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 107