Semangat Hari Pahlawan 2022, UPZ Pupuk Kaltim Berbagi Manfaat Zakat di Kota Bontang

Bontang – Peringati Hari Pahlawan Tahun 2022, Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi 7 veteran dan piveri Kota Bontang, sebagai bentuk apresiasi atas jasa yang diberikan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Apresiasi berupa perlengkapan alat sholat ini, disalurkan langsung melalui agenda blusukan UPZ Pupuk Kaltim, Kamis (10/11/2022).

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid mengungkapkan, selain apresiasi bagi veteran dan piveri, pihaknya juga menyalurkan bantuan biaya kesehatan bagi 14 warga Bontang yang membutuhkan, serta alat bantu berupa kursi roda dengan total realisasi zakat senilai Rp36,7 Juta.

Selain wujud apresiasi UPZ Pupuk Kaltim atas kontribusi para pejuang terhadap kemerdekaan Indonesia, bantuan yang disalurkan juga bagian dari program kemanusiaan bagi 8 asnaf penerima zakat yang secara rutin disalurkan melalui blusukan tiap bulan.

BACA JUGA:  Kembangkan Potensi Wisata Olahraga, Pupuk Kaltim Gelar Fun Volley Malahing Cup 2022

“Blusukan merupakan salah satu program andalan UPZ Pupuk Kaltim, guna menyikapi berbagai kondisi sosial di masyarakat. Apalagi dalam momentum Hari Pahlawan tahun ini, kita dapat mengambil makna keteladanan untuk mewujudkan cita-cita kebaikan bagi kemanusiaan,” kata Nur Sahid.

Kegiatan kemanusiaan dilaksanakan UPZ Pupuk Kaltim sesuai arahan Baznas RI yang tertuang dalam Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pendistribusian Zakat. Sekaligus tindaklanjut implementasi UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat, dengan tujuan mendapatkan kemanfaatan dari dana zakat yang dikelola dan dikumpulkan.

Program tersebut meliputi bidang ekonomi, kesehatan, dakwah dan advokasi, serta pendidikan dan kemanusiaan. Seluruh program dijalankan secara rutin dan bertahap, sesuai pengumpulan dana zakat dari hasil pemotongan gaji karyawan Pupuk Kaltim setiap bulan.

BACA JUGA:  PKT Olah 35.000 Ton Limbah Abu Batubara Jadi Material Bahan Bangunan

“Dan bantuan kemanusiaan pada peringatan Hari Pahlawan merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan UPZ Pupuk Kaltim setiap tahun, khususnya bagi veteran dan piveri disamping manfaat lain bagi mustahik di Kota Bontang,” tambah Nur Sahid.

Seluruh program yang berjalan dipastikan Nur Sahid akan terus dievaluasi, untuk dilakukan peningkatan agar lebih optimal. Dan manfaat zakat yang disalurkan makin berdampak signifikan terhadap pengentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial.

“Dari program yang bersifat charity, aspek pemberdayaan juga menjadi sasaran utama penyaluran zakat bagi mustahik agar manfaatnya bisa didapat secara berkesinambungan,” tutur Nur Sahid.

Dirinya pun memastikan UPZ Pupuk Kaltim berkomitmen menjalankan amanah sesuai ketentuan, dengan mengelola dana umat secara profesional dan transparan, sehingga mustahik yang kini menerima manfaat zakat bisa menjadi muzakki ke depan.

BACA JUGA:  Dorong Kesejahteraan Umat dengan Zakat, UPZ Pupuk Kaltim Raih Tiga Penghargaan UPZ Award 2022

“Terima kasih kepada karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim selaku muzakki, yang telah menyalurkan zakatnya melalui UPZ. Semoga ini menjadi ladang amal yang terus mengalir pahalanya,” pungkas Nur Sahid. (Adv)

%d blogger menyukai ini: